Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Sekretaris Kelurahan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
-
b. Administrasi
:
Camat Padang Panjang Barat
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Membantu Lurah dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dan memberikan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, pemeliharaan aset dan keuangan di lingkup Kelurahan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Pendidikan Minimal setingkat D.III
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV
2). Teknis
:
Pengadministrasian
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman sebagai pelaksana sesuai dengan bidang tugas jabatan yang akan diduduki setidaknya selama 2 (dua) tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Administrasi umum, Administrasi Keuangan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan pada bagian Sekretariat Kelurahan sesuai dengan program kerja Kelurahan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas 14 0.01
- Mempelajari Program Kerja Tahunan kelurahan Dokumen rencana Kerja 2 2 4 0.00
- Menghimpun bahan rumusan dari urusan kesekretariatan Dokumen rencana Kerja 2 3 6 0.00
- Mensinkronisasi rencana kerja sekretariat kelurahan dengan dan Program Kerja Tahunan kelurahan Dokumen rencana Kerja sekretriat kelurahan 2 2 4 0.00
2. membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas di bagian sekretariat Kelurahan 120 0.10
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 30 1 30 0.02
- Melaporkan rencana kegiatan kepada Lurah Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 30 1 30 0.02
- Menghimpun laporan dan masukan dari jabatan pelaksana Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 30 1 30 0.02
- Memberikan petujuk pelaksanaan kepada jabatan pelaksana Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 30 1 30 0.02
3. menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan administrasi umum di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 504 0.40
- Melaksanakan administrasi, penggandaan dan pendistribusian surat masuk, surat keluar, kepegawaian, data dan bahan serta keprotokoleran Dokumen Laporan Kegiatan urusan administrasi umum 84 1 84 0.07
- Melaksanakan pengelolaan administrasi aset pada Kelurahan Dokumen Laporan Kegiatan urusan administrasi umum 84 1 84 0.07
- Menyiapkan bahan dan mengatur administrasi bahan habis pakai rutin, penyaluran serta pemakaian dan penggunaan inventaris kantor dan kepustakaan Kelurahan Dokumen Laporan Kegiatan urusan administrasi umum 84 1 84 0.07
- Menjaga dan memelihara kebersihan, ketertiban, keindahan, kenyamanan, kelestarian lingkungan dan keamanan di Lingkungan Kelurahan Dokumen Laporan Kegiatan urusan administrasi umum 84 1 84 0.07
- Menyelenggarakan anggaran pembiayaan rutin Kelurahan dengan berpedoman kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang telah ditetapkan Dokumen Laporan Kegiatan urusan administrasi umum 84 1 84 0.07
- Memberi arahan pelaksanaan tugas kepada jabatan pelaksana pengadministrasi umum dan Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dokumen Laporan Kegiatan urusan administrasi umum 84 1 84 0.07
4. menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan kepegawaian di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 332 0.27
- Menghimpun segala bahan kepegawaian seluruh ASN dan THL di Kelurahan Dokumen kepegawaian 100 2 200 0.16
- Memelihara Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)/Penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP), menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan Bezetting PNSD. Dokumen 30 2 60 0.05
- Mengkoordinasikan pengusulan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala ASN di lingkungan Kelurahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Melaksanakan dan melaporkan kehadiran PNS dan Pegawai Honor/Tenaga Harian Lepas Laporan 12 2 24 0.02
- Memberi arahan pelaksanaan tugas kepada jabatan pelaksana pengadministrasi umum pengelola kepegawaian Notulensi 12 2 24 0.02
5. menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan keuangan di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 84 0.07
- Mengkoordinasikan pelaksanaan anggaran kelurahan, penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, laporan surat pertanggung jawaban (SPJ) Bendahara, pertanggung jawaban, pembukuan keuangan dan menyiapkan laporan hasil verifikasi Dokumen Laporan Keuangan Kelurahan 30 2 60 0.05
- Memberi arahan pelaksanaan tugas kepada jabatan pelaksana pengadministrasi keuangan Notulensi 12 2 24 0.02
6. membimbing pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 150 0.12
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan jabatan pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 50 1 50 0.04
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada pelaksanaan Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 50 1 50 0.04
- Menentukan target waktu penyelesaian tugas Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 50 1 50 0.04
7. memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 240 0.19
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh jabatan pelaksana Dokumen Hasil Evaluasi Kegiatan sekretariat 48 1 48 0.04
- Mengawasi pelaksanaan tugas oleh jabatan pelaksana dengan berpedoman pada standar kualitas dan kuantitas kinerja Dokumen Hasil Evaluasi Kegiatan sekretariat 48 1 48 0.04
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan Dokumen Hasil Evaluasi Kegiatan sekretariat 48 1 48 0.04
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Dokumen Hasil Evaluasi Kegiatan sekretariat 48 1 48 0.04
- Memberi arahan terkait koreksi hasil kerja jabatan pelaksana Dokumen Hasil Evaluasi Kegiatan sekretariat 48 1 48 0.04
8. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan 96 0.08
- Mensikronisasi dengan rencana operasional sekretariat kelurahan Dokumen Evaluasi kesesuai Kegiatan dengan dokumen 12 2 24 0.02
- Menyusun konsep rencana kegiatan sekretariat kelurahan Dokumen Evaluasi kesesuai Kegiatan dengan dokumen 12 2 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep rencana kegiatan dengan pimpinan untuk mendapat pengarahan Dokumen Evaluasi kesesuai Kegiatan dengan dokumen 12 2 24 0.02
- Mengkoordinir kegiatan tugas sekretraiat kelurahan Dokumen Evaluasi kesesuai Kegiatan dengan dokumen 12 2 24 0.02
9. melaporkan hasil kegiatan di bagian sekretariat kelurahan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 72 0.06
- Menganalisis laporan yang diterima Laporan 12 2 24 0.02
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas/telaahan staf Laporan 12 2 24 0.02
- Memfinalisasi laporan pelaksaaan tugas kepada Pimpinan Laporan 12 2 24 0.02
10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan baik lisan maupun tulisan 120 0.10
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Pimpinan Laporan pelaksanaan tugas 20 2 40 0.03
- Mempelajari tugas yang diberikan Laporan pelaksanaan tugas 20 2 40 0.03
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas Laporan pelaksanaan tugas 20 2 40 0.03
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1732 1.4
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   7 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Program Kerja Kelurahan Penyusunan Rencana Operasional Kegiatan
2. Beban Kerja Kelurahan Pendistribusian tugas kepada bawahan
3. SOTK dan SOP Pemberian Petunjuk dan Arahan
4. Rencana Kerja urusan umum dan perlengkapan Sebagai dasar Pelaksanaan Tugas
5. Rencana kerja urusan kepegawaian Sebagai dasar Pelaksanaan Tugas
6. Rencana kerja urusan keuangan Sebagai dasar Pelaksanaan Tugas
7. Peraturan-peraturan tentang kepegawaian, Barang Milik Daerah, dan keuangan Sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Menyusun Rencana kerja Sekretariat Kelurahan
2. SOTK (Tusi) Mendistribusikan Tugas
3. Kerangka Acuan Kerja Memberi Petunjuk Pelaksanaan Tugas
4. Peraturan perundang-undangan Sebagai dasar Penyusunan Kebijakan dan acuan dalam pelaksanaan tugas
5. SOP dan petunjuk teknis Membuat Laporan
6. Laporan hasil kegiatan kesekratriatan Mengevaluasi Pelaksanaan Tugas kesekretariatan
7. Laporan pelaksanaan tugas urusan umum dan perlengkapan Mengevaluasi Pelaksanaan Tugas jabatan pelaksana pengadimistrasi umum dan perencana sarana dan prasarana
8. Laporan hasil pelaksanaan tugas urusan kepegawaian Mengevaluasi Pelaksanaan Tugas jabatan pelaksana pengelola kepegawaian
9. Laporan hasil pelaksanaan tugas urusan keuangan Mengevaluasi Pelaksanaan Tugas jabatan pelaksana pengadministrasi keuangan
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Ketersediaan rencana kerja
2. Menghimpun Ketersediaan pembagian tugas
3. Menghimpun Ketersediaan pedoman operasional
4. Menganalisis Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi , data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Menentukan prioritas
4. Memaraf surat dan dokumen dinas sesuai dengan ketentuan
5. Meminta kelengkapan data dan informasi kepada jabatan pelaksana
6. Mengoreksi laporan bawahan.
7. Menilai kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Lurah Bukit Surungan Kelurahan Bukit Surungan Koordinasi, Konsultasi, menerima instruksi kerja
2. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Bukit Surungan Kelurahan Bukit Surungan Koordinasi kerja
3. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bukit Surungan Kelurahan Bukit Surungan Koordinasi kerja
4. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Bukit Surungan Kelurahan Bukit Surungan Koordinasi kerja
5. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat Koordinasi kerja
6. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
7. seluruh kasubag dan kasi di kecamatan Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Koordinasi kerja
8. seluruh kasubag dan kasi di kecamatan Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Koordinasi kerja
9. Lurah Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis koordinasi, konsultasi, menerima intruksi kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
10. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis koordinasi kerja
11. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis koordinasi kerja
12. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis koordinasi kerja
13. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan Kampung Manggis koordinasi kerja, memberikan instruksi kerja
14. seluruh pelaksana di Kelurahan Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis koordinasi kerja
15. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat konsultasi
16. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat konsultasi
17. semua kepala sub bagian dan kepala seksi di kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat koordinasi kerja dan konsultasi
18. Lurah Pasar Baru Kelurahan Pasar Baru Koordinasi, Konsultasi, menerima instruksi kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
19. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Pasar Baru Kelurahan Pasar Baru Koordinasi kerja
20. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pasar Baru Kelurahan Pasar Baru Koordinasi kerja
21. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Pasar Baru Kelurahan Pasar Baru Koordinasi kerja
22. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan Pasar Baru Koordinasi kerja
23. seluruh pelaksana di kelurahan Pasar Baru Kelurahan Pasar Baru Koordinasi kerja
24. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
25. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
26. semua kepala sub bagian dan kepala seksi di Kecamatan Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
27. Lurah Pasar Usang Kelurahan Pasar Usang koordinasi, konsultasi, menerima instruksi kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
28. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Pasar Usang Kelurahan Pasar Usang koordinasi kerja
29. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pasar Usang Kelurahan Pasar Usang koordinasi kerja
30. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Pasar Usang Kelurahan Pasar Usang koordinasi kerja
31. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan Pasar Usang koordinasi kerja
32. seluruh pelaksana di kelurahan pasar usang Kelurahan Pasar Usang koordinasi kerja
33. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat konsultasi
34. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat konsultasi
35. semua kepala sub bagian dan kepala seksi kecamatan padang panjang barat Kecamatan Padang Panjang Barat konsultasi
36. Lurah Silaing Atas Kelurahan Silaing Atas Koordinasi, konsultasi, menerima instruksi kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
37. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Silaing Atas Kelurahan Silaing Atas koordinasi kerja
38. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Silaing Atas Kelurahan Silaing Atas koordinasi kerja
39. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Silaing Atas Kelurahan Silaing Atas koordinasi kerja
40. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan Silaing Atas koordinasi kerja
41. seluruh pelaksana di kelurahan silaing atas Kelurahan Silaing Atas koordinasi kerja
42. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
43. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat konsultasi
44. semua kepala sub bagian dan kepala seksi kecamatan Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
45. Lurah Silaing Bawah Kelurahan Silaing Bawah koordinasi, konsultasi, menerima instruksi kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
46. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Silaing Bawah Kelurahan Silaing Bawah koordinasi kerja
47. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Silaing Bawah Kelurahan Silaing Bawah koordinasi kerja
48. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Silaing Bawah Kelurahan Silaing Bawah koordinasi kerja
49. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan Silaing Bawah koordinasi kerja
50. seluruh pelaksana di kelurahan Silaing Bawah Kelurahan Silaing Bawah koordinasi kerja
51. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
52. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
53. semua kepala sub bagian dan kepala seksi di kecamatan padang panjang barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
54. Lurah Tanah Hitam Kelurahan Tanah Hitam Koordinasi, Konsultasi, menerima instruksi kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
55. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Tanah Hitam Kelurahan Tanah Hitam Koordinasi kerja
56. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tanah Hitam Kelurahan Tanah Hitam Koordinasi kerja
57. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Tanah Hitam Kelurahan Tanah Hitam Koordinasi kerja
58. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan Tanah Hitam Koordinasi kerja
59. Seluruh pelaksana di kelurahan Tanah Hitam Kelurahan Tanah Hitam Koordinasi kerja
60. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat Koordinasi kerja
61. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
62. Semua kepala sub bagian dan kepala seksi di kecamatan Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Konsultasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan Rapi
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data,Kemampuan analisis dan evaluasi,Keterampilan Komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 58
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
proporsional
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar