Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Perekonomian
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Perekonomian
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan analisis dan penelaahan dalam rangka mengalisa perekonomian untuk keperluan Bina Produksi Daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tugas Analis Perekonomian, terselenggara dengan baik sesuai dengan sasaran yang telahditetapkan.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana ekonomi, manajemen, akuntansi atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
staf di Bagian Perekonomian/Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah/BPPPD
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan bahan-bahan kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan pekerjaan 324 0.26
- Mempelajari surat masuk/disposisi pimpinan dan peraturan yang terkait dokumen 24 1 24 0.02
- Mepelajari dokumen sebelumnya dan peraturan peraturan yang berlaku dokumen 24 5 120 0.10
- Menyusun instrumen pengumpulan data perekonomian dengan membuat kuesioner dan panduan wawancara sebagai alat pengumpulan data dokumen 24 5 120 0.10
- Mengumpulkan bahan-bahan/data yang diperlukan dokumen 12 5 60 0.05
2. Mempelajari dan mengalisa serta menelaah bahan-bahan /data 170 0.14
- Mempelajari bahan-bahan/data perokonomian dan peraturan terkait dokumen 15 1 15 0.01
- Menganalisa bahan-bahan/data perekonomian dokumen 15 5 75 0.06
- Menelaah bahan-bahan/data perekonomian dokumen 15 5 75 0.06
- Membuat kesimpulan dari hasil telaahan dan merumuskan informasi perekonomian dokumen 1 5 5 0.00
3. Mengadakan penelitian berdasarkan permasalahan perekonomian dalam rangka menyelesaikan pekerjaan 125 0.10
- Mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam proses menganalisa perekonomian dokumen 12 5 60 0.05
- Melakukan penelitian terkait permasalahan yang dihadapi dokumen 12 5 60 0.05
- Membuat kesimpulan dari hasil penelitian dokumen 1 5 5 0.00
4. Membuat laporan berdasarkan hasil kerja untuk disampaikan kepada pimpinan agar hasil telaahan dapat bermanfaat 53 0.04
- Membuat konsep laporan analisis perekonomian dokumen 4 10 40 0.03
- Mengkonsultasikan konsep yang akan dibuat kepada pimpinan frekuensi 4 2 8 0.01
- Memfinaslisasi laporan analisis perekonomian dokumen 1 5 5 0.00
5. Memberikan saran berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan 65 0.05
- Membuat konsep surat yang berdasarkan saran/ masukan dokumen 4 5 20 0.02
- Mengkonsultasikan konsep yang dibuat kepada atasan langsung frekuensi 4 5 20 0.02
- Memfinalisasi konsep dokumen 4 5 20 0.02
- Menyampaikan konsep kepada pimpinan dokumen 1 5 5 0.00
6. Mendokumentasikan surat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tertib administrasi 246 0.20
- Mengumpulkan arsip/dokumen/surat yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dokumen 320 0.5 160 0.13
- Menyiapkan map folder, otner, boks arsip dan rak arsip kali 12 0.5 6 0.00
- Menyimpan bahan arsip kali 320 0.25 80 0.06
7. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan sebagai bahan evaluasi dan pertangungjawaban 33 0.03
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas; dokumen 4 5 20 0.02
- Mengkonsultasikan konsep kepada pimpinan; kali 4 2 8 0.01
- Memfinalisasi Laporan dokumen 1 5 5 0.00
8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik tertulis maupun lisan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar kegiatan kedinasan dapat berjalan lancar 35 0.03
- Mempelajari tugas dokumen 3 5 15 0.01
- Menjalankan tugas dokumen 3 5 15 0.01
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dokumen 1 5 5 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1051 0.85
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Juknis dan disposisi atasan Pengumpulan bahan-bahan kerja
2. Surat Penganalisaan serta penelaahan bahan-bahan
3. Rencana dan realisasi kegiatan Pembuatan laporan
4. Realisasi kegiatan Pemberian saran berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya
5. SOP dan Juknis Pelaksananaan tugas lain-lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Lembaran Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
2. Buku peraturan yang berhubungan dengan pengembangan ekonomi daerah dan Juknis Legalitas pelaksanaan tugas
3. Komputer / laptop dan printer Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
4. Filing kabinet Tempat penyimpanan dokumen penting
5. Alat komunikasi /telpon Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan mitra kerja
6. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
7. Rencana kegiatan Melaporkan pelaksanan tugas Sub Bagian Sarana dan Kelembagaan Daerah
8. Surat Perintah Tugas Melaksanakan tugas-tugas lain
TANGGUNG JAWAB
1. Memfasilitasi Kelancaran tugas
2. Memeriksa Kebenaran isi Laporan
3. Memeriksa Kebenaran dan ketepatan hasil analisis
4. Memeriksa Keakuratan data
 
WEWENANG
1. Meminta data/bahan yang diperlukan untuk menganalisa
2. Menolak membrikan informasi yang sifatnya rahasia
3. Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Koordinasi dan konsultasi
2. Kepala Sub Bagian Bina Produksi Daerah Sekretariat Daerah Kota Koordinasi dan konsultasi
3. Kepala Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah Sekretariat Daerah Kota Koordinasi dan konsultasi
4. Kepala Sub Bagian Bina Sarana dan Kelembagaan Ekonomi Daerah Sekretariat Daerah Kota Koordinasi dan konsultasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
-
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
P, Dealing with People (DEPL)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar