Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Penyusun Program Kelembagaan dan Kerjasama
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Perekonomian
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan penyusunan Bahan Program Pemberdayaan Kembaga dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tugas Pengelola Penyusun Program Kelembagaan dan Kerjasama, terselenggara dengan baik sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana/Diploma III bidang Ekonomi, Manajemen atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Bimtek Pengelolaan Penguatan Pemberdayaan Lembaga
c. Pengalaman Kerja
:
staf di Bagian Perekonomian/Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah/Bappeda/Dinas Pertanian
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun rencana kegiatan, bahan dan data sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 125 0.10
- Mempelajari dokumen sebelumnya dan peraturan perundangan yang berlaku dokumen 12 5 60 0.05
- Menyusun konsep rencana kegiatan, bahan dan alat perlengkapan dokumen 12 5 60 0.05
- Mengkonsultasikan konsep rencana kegiatan dengan pimpinan untuk mendapatkan pengarahan kali 1 5 5 0.00
2. Mengumpulkan data atau Bahan Penguatan Pemberdayaan Lembaga berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik 180 0.14
- Mempelajari peraturan yang terkait dengan Penyusun Program Kelembagaan dan Kerjasama dokumen 12 5 60 0.05
- Mengumpulkan bahan dan data rencana Penyusun Program Kelembagaan dan Kerjasama dokumen 12 5 60 0.05
- Menginventarisir data dokumen 12 5 60 0.05
3. Mendokumentasikan surat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku tertib administrasi 93 0.07
- Mengumpulkan arsip-arsip/dokumen/surat yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dokumen 120 0.5 60 0.05
- Menyiapkan map folder, odner, boks arsip dan rak arsip kali 12 0.25 3 0.00
- Menyimpan arsip kali 120 0.25 30 0.02
4. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan sebagai bahan evaluasi dan pertangungjawaban 45 0.04
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas dokumen 4 5 20 0.02
- Mengkonsultasikan konsep kepada pimpinan kali 4 5 20 0.02
- Memfinalisasi Laporan dokumen 1 5 5 0.00
5. Mengelompokkan data sesuai masalahnya untuk memudahkan dalam pelaksanaan tugas 125 0.10
- Mengklasifikasikan bahan dan data dokumen 12 5 60 0.05
- Membuat daftar klasifikasi bahan dan data dokumen 12 5 60 0.05
- Membuat laporan hasil klasifikasi data dokumen 1 5 5 0.00
6. Mengelola data atau bahan Penguatan Pemberdayaan Lembaga sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan tugas 120 0.10
- Mempelajari disposisi pimpinan dan peraturan terkait kali 30 1 30 0.02
- Menyiapkan bahan dan data yang diperlukan dokumen 30 2 60 0.05
- Melakukan penatausahaan arsip dan data dokumen 30 1 30 0.02
7. Mengoordinasikan dengan unit-unit kerja terkait dan atau instansi lain dalam rangka Penyusun Program Kelembagaan dan Kerjasama agar dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 245 0.20
- Mempelajari dokumen sebelumnya dan peraturan perundangan yang berlaku dokumen 12 5 60 0.05
- Melaksanakan koordinasi frekuensi 12 5 60 0.05
- Mendiskusikan hasil koordinasi frekuensi 12 5 60 0.05
- Membuat laporan koordinasi dokumen 1 5 5 0.00
- Memberian langkah langkah perbaikan dalam pelaksanaan pengelolaan Penguatan Pemberdayaan Lembaga dokumen 12 5 60 0.05
8. Membuat konsep pemecahan masalah terhadap data perencanaan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai hasil telahaan 59 0.05
- Mempelajari surat dinas/disposisi pimpinan; dokumen 4 0.5 2 0.00
- Mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dokumen 4 5 20 0.02
- Membuat konsep pemecahan masalah dokumen 4 3 12 0.01
- Mengkonsultasikan konsep yang dibuat kepada pimpinan; kali 4 5 20 0.02
- Memfinalisasi konsep dokumen 1 5 5 0.00
9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik tertulis maupun lisan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar kegiatan kedinasan dapat berjalan lancar 125 0.10
- Mempelajari tugas frekuensi 12 5 60 0.05
- Menjalankan tugas frekuensi 240 0.25 60 0.05
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dokumen 1 5 5 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1117 0.9
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Juknis dan disposisi atasan Pengumpulan bahan-bahan kerja
2. Surat Dasar pelaksanaan tugas
3. Surat dan disposisi pimpinan Pedoman Pelaksanaan tugas
4. Rencana dan realisasi kegiatan Pembuatan laporan
5. Realisasi kegiatan Pemberian saran berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya
6. Surat Pendokumentasian surat
7. SOP dan Juknis Pelaksananaan tugas lain-lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Lembaran Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
2. Buku peraturan yang berhubungan dengan pengembangan ekonomi daerah dan Juknis Legalitas pelaksanaan tugas
3. Komputer / laptop dan printer Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
4. Filing kabinet Tempat penyimpanan dokumen penting
5. Alat komunikasi /telpon Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan mitra kerja
6. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
7. Rencana kegiatan Melaporkan pelaksanan tugas Sub Bagian Sarana dan Kelembagaan Daerah
8. Surat Perintah Tugas Melaksanakan tugas-tugas lain
TANGGUNG JAWAB
1. Memfasilitasi Kelancaran tugas
2. Menganalisis Kebenaran isi Laporan
3. Memfasilitasi Kebenaran dan ketepatan hasil analisis
4. Memfasilitasi Keakuratan data
 
WEWENANG
1. Meminta data/bahan yang diperlukan untuk menganalisa
2. Menolak membrikan informasi yang sifatnya rahasia
3. Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Koordinasi dan konsultasi
2. Kepala Sub Bagian Bina Sarana dan Kelembagaan Ekonomi Daerah Sekretariat Daerah Kota Koordinasi dan konsultasi
3. Kepala Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah Sekretariat Daerah Kota Koordinasi dan konsultasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
P, Dealing with People (DEPL)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
25
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar