Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Penataan Sarana dan Prasarana
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Umum Kawasan Permukiman
IKHTISAR JABATAN
Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D. III / S.1 Manajemen, Ilmu Hukum , Ilmu Administrasi Negara
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Bimtek sarana dan prasarana
c. Pengalaman Kerja
:
Pengawas Fisik Lapangan
d. Pengetahuan Kerja
:
Mampu menilai konsisi prasarana sarana utilitas; mampu merencanakan prasarana sarana utilitas dengan baik dan tepat, mampu menilai kondisi struktur prasarana sarana utilitas
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 240 0.19
- menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik Dokumen 1 240 240 0.19
2. memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal 240 0.19
- memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal laporan 1 240 240 0.19
3. mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya 240 0.19
- mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya laporan 1 240 240 0.19
4. mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 240 0.19
- mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal laporan 1 240 240 0.19
5. mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program 240 0.19
- mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program laporan 1 240 240 0.19
6. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik tertulis dan lisan 240 0.19
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik tertulis dan lisan laporan 1 240 240 0.19
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1440 1.14
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Materi Peraturan perundang-undangn, juknis Penyiapan bahan perumusan kebijakan; juknis pengaduan, pengawasn izin
2. Materi Renstra, Renja, Rencana operasional Bidang Penyusunan rencana kegiatan
3. Materi Petunjuk teknis, aplikasi program komputer, ATK Pengembangan system informasi pengaduan, sengketa LH
4. Data penerima izin dan materi izin lingkungan, Surat tugas Pengawasan pentaatan kewajiban pemegang izin
5. Data hasil pengawasan Penyiapan tindak lanjut hasil pengawasan
6. Laporan/surat pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan dari pemilik usaha/kegiatan/OPD teknis Pengawasan tindak lanjut hasil pengawasan
7. Materi Rencana kegiatan, juknis, SOPMateri Rencana kegiatan, juknis, SOP Melaksanakan SPIP dan SOP
8. Hasil pelaksanaan tugas, ATK Pelaporan pelaksanaan tugas
9. Disposisi atasan pelaksanaan tugas dan tugas lain
10. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan, juknis Pedoman dalam penyusunan konsep kebijakan dan pelaksanaan tugas
2. Renstra, Renja, Rencana operasional Bidang Pedoman dalam menetapkan prioritas kegiatan
3. Komputer, aplikasi program, ATK Pengelolaan system informasi
4. Surat Keputusan Pedoman dalam pelaksanakan kegiatan
5. Data dan fakta dari pengawasan Penyusunan tindak lanjut
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Melaksanakan Kerahasiaan dan keakuratan data
2. Melaksanakan Melaksanakan Kebenaran dan kelengkapan rencana kegiatan
3. Melaksanakan Melaksanakan Keharmonisan hubungan kerja di lingkup Seksi
4. Melaksanakan Melaksanakan Ketepatan dan kekeakuratan waktu dan isi pelaporan
5. Melaksanakan Melaksanakan Ketepatan dan kekeakuratan waktu dan isi pelaporan
 
WEWENANG
1. memantau dan mengawasi pelaksanaan pengembangan sarana prasarana
2. melakukan pemeliharaan perangkat kerja
3. menyebarluaskan buku putih sanitasi dan strategi sanitasi kota
4. Menegur bawahan yang tidak disiplin
5. Memberi penugasan kepada bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Umum Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Konsultasi dan menerima perintah
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan dan Luar Ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Kecelakaan kerja (fisik)
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Mengangkat
Membawa
Mendorong
Menarik
Menjangkau
Memegang
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
58
Tinggi Badan (cm)
:
Proposional
Berat Badan (kg)
:
Proposional
Postur Badan
:
Proposional
Penampilan
:
Proposional
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B0, Memasang mesin
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O2, Mengajar
O3, Menyelia
O4, Menghibur
O5, Mempengaruhi
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar