Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Penyusun Rencana Kehumasan dan Perpustakaan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perpustakaan
c. Pengawas
:
Pustakawan Pelaksana Lanjutan
IKHTISAR JABATAN
Menerima, mengumpulkan dan mengklasifikasikan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan serta mengkaji dan menyusun Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk tercapainya sasaran sesuai yang diharapkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Teknik Industri atau bidang lain yang relevan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
1. Diklat Pengenalan Perpustakaan; 2. Diklat Penyuluh Minat dan Gemar Membaca; 3. Diklat Manajemen Perpustakaan; 4. Diklat Perencanaan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai teknik perencanaan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. menerima dan memeriksa bahan dan data rencana kehumasan dan perpustakaan sesuai prosedur sebagai bahan kajian dalam rangka penyusunan rencana kehumasan dan perpustakaan 144 0.12
- menelaah bahan dan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca langkah kerja 2 2 4 0.00
- mengidentifikasi permasalahan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca data 14 5 70 0.06
- merumuskan permasalahan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca data 14 5 70 0.06
2. mengumpulkan dan mengklasifikasikan bahan dan data rencana kehumasan dan perpustakaan sesuai spesifikasi dan prosedur untuk memudahkan apabila diperlukan 160 0.13
- mengumpulkan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca data 30 2 60 0.05
- mengklasifikasikan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca matriks data 20 5 100 0.08
3. mempelajari dan mengkaji karakteristik, spesifikasi dan hal-hal yang terkait dengan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai prosedur dalam rangka penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan 287 0.23
- inventarisasi dan identifikasi data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca bahan 20 5 100 0.08
- mengolah data dan informasi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca bahan 20 5 100 0.08
- mengefektifkan pelaksanaan pengumpulan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca data 28 0.25 7 0.01
- menganalisis data dan informasi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca analisa 20 2 40 0.03
- menyajikan data dan informasi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca narasi/tabel/grafik/diagram 20 1 20 0.02
- melakukan persiapan pengendalian pelaksanaan rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca kartu kendali 20 1 20 0.02
4. mendiskusikan konsep penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan dengan kepala seksi pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan 40 0.03
- mendiskusikan konsep penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan dengan kepala seksi pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan perbaikan konsep 20 2 40 0.03
5. menyusun konsep Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai dengan hasil kajian dan prosedur untuk tercapainya sasaran yang diharapkan 380 0.30
- Menetapkan tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca narasi 20 2 40 0.03
- Merumuskan keadaan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca saat ini narasi 20 2 40 0.03
- Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca narasi/tabel 20 5 100 0.08
- Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca konsep 20 10 200 0.16
6. mengevaluasi proses penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai prosedur sebagai bahan perbaikan dan kesempurnaan tercapainya sasaran 30 0.02
- membandingkan proses penyusunan rencana pengembangan perpustakaan dengan SOP penyusunan rencana pengembangan perpustakaan narasi/tabel 4 1 4 0.00
- membandingkan proses penyusunan rencana pembudayaan minat baca dengan SOP penyusunan penyusunan rencana pembudayaan minat baca narasi/tabel 4 1 4 0.00
- mengidentifikasi permasalahan dalam proses penyusunan rencana pengembangan perpustakaan narasi/tabel 4 1 4 0.00
- mengidentifikasi permasalahan dalam proses penyusunan rencana pembudayaan minat baca narasi/tabel 6 1 6 0.00
- menganalisa permasalahan dalam proses penyusunan rencana pengembangan perpustakaan narasi/tabel 6 1 6 0.00
- menganalisa permasalahan dalam proses penyusunan rencana pembudayaan minat baca narasi/tabel 6 1 6 0.00
7. melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 112.5 0.09
- mengumpulkan bahan laporan bahan laporan 210 0.25 52.5 0.04
- menyusun laporan konsep laporan 15 2 30 0.02
- membuat laporan laporan 15 2 30 0.02
8. menyusun kembali Rencana Kehumasan dan Perpustakaan berdasarkan hasil diskusi sesuai prosedur untuk kelancaran dan optimalisasi penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan 200 0.16
- Menelaah hasil diskusi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca konsep 20 1 20 0.02
- Merevisi tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca narasi 20 1 20 0.02
- Merumuskan keadaan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca saat ini narasi 20 1 20 0.02
- Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca narasi/tabel 20 2 40 0.03
- Merevisi rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca draft 20 5 100 0.08
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1353.5 1.08
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Data Kunjungan Bahan kerja
2. Data layanan Bahan kerja
3. Data koleksi Bahan kerja
4. Data kebutuhan/ permintaan buku Bahan kerja
5. Data kegiatan ekstensi Bahan kerja
6. Data Perpustakaan binaan Bahan kerja
7. Data Kepuasan Pemustaka Bahan kerja
8. Data SOP Bahan kerja
9. Data Standar Pelayanan Bahan kerja
10. Data Sekolah Bahan kerja
11. Data minat dan bakat siswa Bahan kerja
12. Data kalender even kota Bahan kerja
13. Data IPM Bahan kerja
14. Data Usia Baca Bahan kerja
15. DPA (awal/perubahan) Bahan kerja
16. Kuesioner Bahan laporan
17. Hasil pengolahan data Bahan laporan
18. Perintah (instruksi/disposisi) atasan Dasar pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan Acuan kerja
2. Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Pedoman Kerja
TANGGUNG JAWAB
1. Menggolongkan faktor penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan
2. Menabulasikan faktor penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan
3. Menyusun data penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan
4. Mengolah data penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan
5. Menganalisis data penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan
6. Membuat konsep rencana gerakan gemar membaca dan pengembangan perpustakaan
7. Menetapkan bentuk kegiatan gerakan gemar membaca dan media pengembangan perpustakaan
8. Membuat laporan pekerjaan
 
WEWENANG
1. menetapkan media dan sarana promosi perpustakaan
2. melakukan uji coba pengembangan perpustakaan
3. memilih dan menetapkan responden untuk menentukan faktor penghambat dan langkah-langkah pengembangan perpustakaan
4. menyusun instrumen wawancara
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan konsultasi dan koordinasi pekerjaan
2. Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan konsultasi dan koordinasi pekerjaan
3. Kepala Seksi Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi
4. Pengelola Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi
5. JF Pustakawan Pelaksana Lanjutan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi
6. Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja di dalam dan di luar ruangan
2. Suhu dingin
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik dan nyaman
5. Letak baik dan strategis
6. Penerangan baik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. kelelahan fisik terlalu lama duduk membungkuk
2. kelelahan mata terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
menguasai teknis perencanaan
berbicara
mengolah dan menganalisis data
merancang konsep promosi dan pengembangan perpustakaan
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Berbicara
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 58 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O5, Mempengaruhi

Kembali ke daftar