Detail Jabatan
NAMA JABATAN
:
Penyusun Rencana Kehumasan dan Perpustakaan
KODE JABATAN
:
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perpustakaan
c. Pengawas
:
Pustakawan Pelaksana Lanjutan
IKHTISAR JABATAN
Menerima, mengumpulkan dan mengklasifikasikan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan serta mengkaji dan menyusun Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk tercapainya sasaran sesuai yang diharapkan
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Teknik Industri atau bidang lain yang relevan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
1. Diklat Pengenalan Perpustakaan; 2. Diklat Penyuluh Minat dan Gemar Membaca; 3. Diklat Manajemen Perpustakaan; 4. Diklat Perencanaan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai teknik perencanaan
TUGAS POKOK
No | Uraian Tugas | Hasil | Jumlah Hasil | Waktu Penyelesaian (Jam) | Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) | Kebutuhan Pegawai |
---|---|---|---|---|---|---|
1. | menerima dan memeriksa bahan dan data rencana kehumasan dan perpustakaan sesuai prosedur sebagai bahan kajian dalam rangka penyusunan rencana kehumasan dan perpustakaan | 144 | 0.12 | |||
- | menelaah bahan dan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | langkah kerja | 2 | 2 | 4 | 0.00 |
- | mengidentifikasi permasalahan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | data | 14 | 5 | 70 | 0.06 |
- | merumuskan permasalahan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | data | 14 | 5 | 70 | 0.06 |
2. | mengumpulkan dan mengklasifikasikan bahan dan data rencana kehumasan dan perpustakaan sesuai spesifikasi dan prosedur untuk memudahkan apabila diperlukan | 160 | 0.13 | |||
- | mengumpulkan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | data | 30 | 2 | 60 | 0.05 |
- | mengklasifikasikan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | matriks data | 20 | 5 | 100 | 0.08 |
3. | mempelajari dan mengkaji karakteristik, spesifikasi dan hal-hal yang terkait dengan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai prosedur dalam rangka penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan | 287 | 0.23 | |||
- | inventarisasi dan identifikasi data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | bahan | 20 | 5 | 100 | 0.08 |
- | mengolah data dan informasi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | bahan | 20 | 5 | 100 | 0.08 |
- | mengefektifkan pelaksanaan pengumpulan data rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | data | 28 | 0.25 | 7 | 0.01 |
- | menganalisis data dan informasi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | analisa | 20 | 2 | 40 | 0.03 |
- | menyajikan data dan informasi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | narasi/tabel/grafik/diagram | 20 | 1 | 20 | 0.02 |
- | melakukan persiapan pengendalian pelaksanaan rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | kartu kendali | 20 | 1 | 20 | 0.02 |
4. | mendiskusikan konsep penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan dengan kepala seksi pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan | 40 | 0.03 | |||
- | mendiskusikan konsep penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan dengan kepala seksi pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan | perbaikan konsep | 20 | 2 | 40 | 0.03 |
5. | menyusun konsep Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai dengan hasil kajian dan prosedur untuk tercapainya sasaran yang diharapkan | 380 | 0.30 | |||
- | Menetapkan tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca | narasi | 20 | 2 | 40 | 0.03 |
- | Merumuskan keadaan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca saat ini | narasi | 20 | 2 | 40 | 0.03 |
- | Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca | narasi/tabel | 20 | 5 | 100 | 0.08 |
- | Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca | konsep | 20 | 10 | 200 | 0.16 |
6. | mengevaluasi proses penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan sesuai prosedur sebagai bahan perbaikan dan kesempurnaan tercapainya sasaran | 30 | 0.02 | |||
- | membandingkan proses penyusunan rencana pengembangan perpustakaan dengan SOP penyusunan rencana pengembangan perpustakaan | narasi/tabel | 4 | 1 | 4 | 0.00 |
- | membandingkan proses penyusunan rencana pembudayaan minat baca dengan SOP penyusunan penyusunan rencana pembudayaan minat baca | narasi/tabel | 4 | 1 | 4 | 0.00 |
- | mengidentifikasi permasalahan dalam proses penyusunan rencana pengembangan perpustakaan | narasi/tabel | 4 | 1 | 4 | 0.00 |
- | mengidentifikasi permasalahan dalam proses penyusunan rencana pembudayaan minat baca | narasi/tabel | 6 | 1 | 6 | 0.00 |
- | menganalisa permasalahan dalam proses penyusunan rencana pengembangan perpustakaan | narasi/tabel | 6 | 1 | 6 | 0.00 |
- | menganalisa permasalahan dalam proses penyusunan rencana pembudayaan minat baca | narasi/tabel | 6 | 1 | 6 | 0.00 |
7. | melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban | 112.5 | 0.09 | |||
- | mengumpulkan bahan laporan | bahan laporan | 210 | 0.25 | 52.5 | 0.04 |
- | menyusun laporan | konsep laporan | 15 | 2 | 30 | 0.02 |
- | membuat laporan | laporan | 15 | 2 | 30 | 0.02 |
8. | menyusun kembali Rencana Kehumasan dan Perpustakaan berdasarkan hasil diskusi sesuai prosedur untuk kelancaran dan optimalisasi penyusunan Rencana Kehumasan dan Perpustakaan | 200 | 0.16 | |||
- | Menelaah hasil diskusi rencana pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca | konsep | 20 | 1 | 20 | 0.02 |
- | Merevisi tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca | narasi | 20 | 1 | 20 | 0.02 |
- | Merumuskan keadaan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca saat ini | narasi | 20 | 1 | 20 | 0.02 |
- | Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca | narasi/tabel | 20 | 2 | 40 | 0.03 |
- | Merevisi rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca | draft | 20 | 5 | 100 | 0.08 |
Jumlah Kebutuhan Pegawai | 1353.5 | 1.08
1 orang |
||||
Jumlah Pegawai yang Ada | 1 orang |
BAHAN KERJA
No | Bahan Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | Data Kunjungan | Bahan kerja |
2. | Data layanan | Bahan kerja |
3. | Data koleksi | Bahan kerja |
4. | Data kebutuhan/ permintaan buku | Bahan kerja |
5. | Data kegiatan ekstensi | Bahan kerja |
6. | Data Perpustakaan binaan | Bahan kerja |
7. | Data Kepuasan Pemustaka | Bahan kerja |
8. | Data SOP | Bahan kerja |
9. | Data Standar Pelayanan | Bahan kerja |
10. | Data Sekolah | Bahan kerja |
11. | Data minat dan bakat siswa | Bahan kerja |
12. | Data kalender even kota | Bahan kerja |
13. | Data IPM | Bahan kerja |
14. | Data Usia Baca | Bahan kerja |
15. | DPA (awal/perubahan) | Bahan kerja |
16. | Kuesioner | Bahan laporan |
17. | Hasil pengolahan data | Bahan laporan |
18. | Perintah (instruksi/disposisi) atasan | Dasar pelaksanaan tugas |
PERANGKAT KERJA
No | Perangkat Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | Peraturan Perundang-undangan | Acuan kerja |
2. | Pedoman Pelaksanaan Kegiatan | Pedoman Kerja |
TANGGUNG JAWAB
1. | Menggolongkan faktor penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan |
2. | Menabulasikan faktor penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan |
3. | Menyusun data penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan |
4. | Mengolah data penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan |
5. | Menganalisis data penghambat layanan dan potensi pengembangan perpustakaan |
6. | Membuat konsep rencana gerakan gemar membaca dan pengembangan perpustakaan |
7. | Menetapkan bentuk kegiatan gerakan gemar membaca dan media pengembangan perpustakaan |
8. | Membuat laporan pekerjaan |
WEWENANG
1. | menetapkan media dan sarana promosi perpustakaan |
2. | melakukan uji coba pengembangan perpustakaan |
3. | memilih dan menetapkan responden untuk menentukan faktor penghambat dan langkah-langkah pengembangan perpustakaan |
4. | menyusun instrumen wawancara |
KORELASI JABATAN
No | Jabatan | Unit Kerja/ Instansi | Dalam Hal |
---|---|---|---|
1. | Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan | konsultasi dan koordinasi pekerjaan |
2. | Kepala Bidang Perpustakaan | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan | konsultasi dan koordinasi pekerjaan |
3. | Kepala Seksi Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan | koordinasi |
4. | Pengelola Perpustakaan | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan | koordinasi |
5. | JF Pustakawan Pelaksana Lanjutan | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan | koordinasi |
6. | Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan | koordinasi |
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No | Aspek | Faktor |
---|---|---|
1. | Tempat Kerja | di dalam dan di luar ruangan |
2. | Suhu | dingin |
3. | Udara | sejuk |
4. | Keadaan Ruangan | baik dan nyaman |
5. | Letak | baik dan strategis |
6. | Penerangan | baik |
7. | Suara | tenang |
8. | Keadaan Tempat Kerja | bersih dan rapi |
9. | Getaran | tidak ada |
RESIKO BAHAYA
No | Fisik/ Mental | Penyebab |
---|---|---|
1. | kelelahan fisik | terlalu lama duduk membungkuk |
2. | kelelahan mata | terlalu lama menatap layar komputer |
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
menguasai teknis perencanaan |
berbicara |
mengolah dan menganalisis data |
merancang konsep promosi dan pengembangan perpustakaan |
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
e. Upaya Kerja
Duduk
Berbicara
Melihat
Duduk
Berbicara
Melihat
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 58 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O5, Mempengaruhi