Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Jasa Konstruksi
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perencanaan dan Bina Jasa Konstruksi
c. Pengawas
:
Kasi Jasa Konstruksi
IKHTISAR JABATAN
Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-3 (Diploma-Tiga) bi g Manajemen/Administrasi /Akuntansi /Sosiologi atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Kursus tentang jasa konstruksi
2). Teknis
:
Diklat Jasa Konstruksi
c. Pengalaman Kerja
:
Pernah bekeja pada proyek konstruksi
d. Pengetahuan Kerja
:
memahami ilmu jasa konstruksi
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menerima dan menginventarisasi dokumen bidang mutu konstruksi sesuai prosedur untuk diproses lebih lanjut; 50 0.04
- Mengumpulkan dan mempelajari peraturan perundangan terkait dengan mutu konstruksi Dokumen 10 5 50 0.04
2. Mempelajari data dan menelaah dokumen bidang mutu konstruksi sesuai prosedur yang berlaku dalam rangka pelaksanaan pengawasan; 96 0.08
- Melakukan pengumpulan data dan informasi terkait permasalahan mutu konstruksi Dokumen 12 8 96 0.08
3. memilah-milah permasalahan obyek kerja sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penyelesaian; 96 0.08
- Melaksanakan pemilahan permasalahan terkait mutu konstruksi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku Kegiatan 12 8 96 0.08
4. mengecek kebenaran dan keabsahan terhadap obyek kerja sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui apakah obyek kerja tersebut sudah memenuhi persyaratan; 300 0.24
- Melaksanakan pengecekan dan keabsahan mutu konstruksi sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku Kegiatan 100 3 300 0.24
5. membuat konsep pemecahan masalah terhadap objek kerja sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai hasil telaahan; 500 0.40
- Membuat konsep pemecahaan masalah terkait mutu konstruksi sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku Kegiatan 100 5 500 0.40
6. mengetik konsep rekomendasi atas hasil telaahan obyek kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai hasil telaahan untuk bahan pertimbangan kebijakan pimpinan; 500 0.40
- mengetik konsep rekomendasi terkait mutu konstruksi sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan bagi kebijakan pimpinan Dokumen 100 5 500 0.40
7. melaporkan kepada atasan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban; 60 0.05
- melakukan pelaporan kepada atasan terkait mutu konatruksi sebagai bahan evaluasi dan pertanggung jawaban Dokumen 12 5 60 0.05
8. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 120 0.10
- Melakukan Tugas Perbantuan ke Instansi Vertikal sebagai pengelola Konstruksi Dokumen 6 20 120 0.10
9. menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 12 0.01
- Menyusun program kerja berkaitan pengelolaan jasa konstruksi di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang Dokumen 3 4 12 0.01
10. memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal 320 0.26
- Melaksanakan pemantauan pekerjaan yang berkaitan dengan jasa konstruksi di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang Kegiatan 20 16 320 0.26
11. mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya 320 0.26
- Melaksanakan pengendalian pekerjaan yang berkaitan dengan jasa konstruksi di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang Kegiatan 20 16 320 0.26
12. mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 200 0.16
- Melaksanakan koordinasi dengan pihak yang berkaitan dengan jasa kosntruksi di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang Dokumen 20 10 200 0.16
13. mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program 72 0.06
- Membuat laporan yang berkaitan dengan jasa konstruksi di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang Dokumen 12 6 72 0.06
14. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan 120 0.10
- Melakukan kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan Dokumen 6 20 120 0.10
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2766 2.24
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. dokumen rencana kerja terkait Rencana kegiatan Anggaran, Renja, Renstra Menyusun program kegiatan
2. Dokumen perencanaan Pemantauan kegiatan
3. Dokumen perencanaan Pengendalian kegiatan
4. Dokumen evaluasi dan hasil pelaksanaan kegiatan Evaluasi dan pelaporan
5. Disposisi atasan Pelaksanaan tugas lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan, Juknis Pedoman dan landasan kerja dalam penyusunan kebijakan
2. Renstra, Renja, Rencana Operasional Bidang Acuan dalam penetapan prioritas kegiatan
3. Lembar disposisi, naskah dinas Pelaksanaan urusan administrasi kantor
4. SOP Panduan/acuan langkah kerja, ketepatan waktu dan alur koordinasi
5. Rencana kegiatan Sebagai pedoman Pelaksanaan SPIP
6. DPA, Kontrak Penyusunan laporan kegiatan
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Kebenaran rencana kegiatan
2. Memeriksa Keharmonisan hubungan kerja di lingkup Seksi
3. Memeriksa Ketepatan dan kebenaran waktu dan isi pelaporan
4. Memeriksa Kebenaran penyediaan dan penggunaan perlengkapan dan ATK
5. Memeriksa Kebenaran isi Laporan kegiatan Pengelola Jasa Konstruksi
6. Memeriksa Kebenaran Data Pengelolaan Jasa Konstruksi
 
WEWENANG
1. Melaksanakan kegiatan
2. Memberi saran kepada atasan
3. Membuat bahan laporan pada atasan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Perencanaan dan Bina Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Meminta arahan
2. Kepala Seksi Bina Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Meminta arahan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan dan di luar ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang dengan Lampu Listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Menguasai pekerjaan jasa konstruksi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
C, Kemampuan Membedakan Warna
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
25 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
ideal
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D4, Menghitung data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar