Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kesehatan
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Promosi dan Sumber Daya Kesehatan
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, fasilitasi dan koordinasi, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan peningkatan mutu di bidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan, serta pelayanan kesehatan tradisional sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk tercapainya tujuan organisasi.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan paling rendah diploma III atau yang setara
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam Jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki;
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. merencakan kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan sesuai dengan program kerja Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas 5330 4.26
- merencakan kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan sesuai dengan program kerja Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Dokumen Rencana Operasional Seksi 12 12 144 0.12
- Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan dokumen jadwal dan pembagian tugas 24 12 288 0.23
- Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 200 3 600 0.48
- memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan Dokumen Laporan Kegiatan 150 4 600 0.48
- melakukan pengawasan dan monitoring terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan dan pembiayaan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan tugas Dokumen Laporan Kegiatan 120 3 360 0.29
- melaksanakan dan memproses serta mengelola pelayanan pembiayaan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar terlaksana dengan baik Dokumen Laporan Kegiatan 300 2 600 0.48
- menyusun, melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kualitas kesehatan Dokumen Hasil Evaluasi Kegiatan seksi 300 2 600 0.48
- melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidan tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas Dokumen 200 3 600 0.48
- melaporkan hasil kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja Dokumen Laporan Kegiatan Seksi 150 2 300 0.24
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan Dokumen Hasil Evaluasi Kegiatan seksi 10 8 80 0.06
- membuat SK kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan Dokumen 10 1 10 0.01
- melaksanakan kegiatan jaminan kesehatan masyarakat Kegiatan 1200 0.4 480 0.38
- melaksanakan kegiatan PISPK Kegiatan 8 2 16 0.01
- melaksanakan kegiatan kesehatan haji Kegiatan 5 2 10 0.01
- melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan rujukan Laporan Kegiatan 12 1 12 0.01
- monitoring kegiatan P3K Kegiatan 30 1 30 0.02
- monitoring kegiatan PSC Kegiatan 300 1 300 0.24
- monitoring kegiatan dokter umat Kegiatan 300 1 300 0.24
Jumlah Kebutuhan Pegawai 5330 4.26
4 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   4 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Operasional Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan Penyusunan Rencana Kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan
2. Beban Kerja Unit Pembagian Tugas Bawahan
3. Tugas Bawahan Pembimbingan Tugas Bawahan
4. Hasil Tugas Bawahan Pemeriksaan Hasil Tugas Bawahan
5. Laporan hasil evaluasi Pengevaluasian kegiatan
6. Hasil Capaian Tugas Penyusunan Laporan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan
2. Uraian Tugas Bawahan Membagi Tugas Bawahan
3. Petunjuk Teknis Membimbing Bawahan
4. Kerangka Acuan Kerja Pengevaluasian tugas bawahan
5. Kerangka Acuan Kerja menganalisa Laporan
6. Rencana Operasional Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan Mengevaluasi Pelaksanaan Tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Ketersediaanya rencana kerja
2. Ketersediaanya pembagian tugas
3. Ketersediaanya pedoman operasional
4. Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
5. Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
6. Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
7. Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
8. kelengkapan sarana dan prasarana kerja
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi , data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan;
4. Mengoreksi laporan bawahan.
5. Mengoreksi laporan bawahan.
6. Mengoreksi laporan bawahan.
7. Menilai kinerja bawahan;
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
2. JF Administrator Kesehatan Pertama Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
3. Analis Kesehatan Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
4. Pengelola Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
5. Pengelola Rujukan Kesehatan Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
6. Dokter Ahli Pertama Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
7. JF Bidan Pelaksana/Terampil Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
8. JF Perawat Pelaksana/Terampil Dinas Kesehatan Koordinasi Kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di Dalam Ruangan
2. Suhu Suhu Normal
3. Udara Sirkulasi Baik
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang Dengan Lampu Listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak Ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar