Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Lurah Kampung Manggis
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
-
b. Administrasi
:
Camat Padang Panjang Barat
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, fasilitasi dan koordinasi, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Program kerja di Kelurahan Kampung Manggis sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk tercapainya tujuan organisasi.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan paling rendah diploma III atau yang setara
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV
2). Teknis
:
Diklat Tata Kelola Pemerintahan
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam Jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki;
d. Pengetahuan Kerja
:
Tata kelola Pemerintahan dan Prosedur sesuai dengan peraturan perundang-undangan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Kelurahan Kampung Manggis sesuai dengan program kerja kecamatan Padang Panjang Barat sebagai pedoman pelaksanaan tugas 10 0.01
- Mempelajari peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan tugas kegiatan 1 1 1 0.00
- Merencanakan kegiatan Kelurahan Silaing Bawah berdasarkan rencana operasional organisasi sebagai pedoman pelaksanaan tugas Dokumen Rencana Operasional 2 3 6 0.00
- Mengkoordinasi perencanaan kepada Camat Laporan 1 3 3 0.00
2. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan Kampung Manggis sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 9 0.01
- Mempelajari aturan dan prosedur terkait pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan Kampung Manggis sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya kegiatan 1 3 3 0.00
- Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan Kampung Manggis sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar kegiatan 1 3 3 0.00
- Melakukan Evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya kegiatan 1 3 3 0.00
3. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan kesekretariatan Kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 24 0.02
- Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan kesekretariatan Kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal kegiatan 1 12 12 0.01
- Melakukan evaluasi Kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
4. menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan tata pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 420 0.34
- menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan tata pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal kegiatan 12 34 408 0.33
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
5. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pemberdayaan masyarakat di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 276 0.22
- Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pemberdayaan masyarakat di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal kegiatan 12 22 264 0.21
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
6. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan pelayanan dan sosial kemasyarakatan di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 156 0.12
- Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan pelayanan dan sosial kemasyarakatan di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal Kegiatan 12 12 144 0.12
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
7. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan 156 0.12
- Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan kegiatan 12 12 144 0.12
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
8. memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 156 0.12
- memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan kegiatan 12 12 144 0.12
- Memberikan masukan dan saran perbaikan kedepan kegiatan 1 12 12 0.01
9. Melaporkan hasil kegiatan di kelurahan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 144 0.12
- melaporkan hasil kegiatan di kelurahan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja kegiatan 12 12 144 0.12
10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan 144 0.12
- Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan kegiatan 12 12 144 0.12
11. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas di Kelurahan Kampung Manggis 8 0.01
- Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas di Kelurahan Kampung Manggis kegiatan 1 3 3 0.00
- Melakukan Pengawasan terhadap tugas Bawahan kegiatan 1 5 5 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1503 1.21
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   17 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Operasional Kelurahan Penyusunan Rencana Kegiatan Kelurahan
2. Beban Kerja Unit Pembagian Tugas Bawahan
3. Tugas Bawahan Pembimbingan Tugas Bawahan
4. Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dasar Pelaksanaan Tugas
5. Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Dasar Pelaksanaan Tugas
6. Hasil Tugas Bawahan Pemeriksaan Hasil Tugas Bawahan
7. Laporan hasil evaluasi Pengevaluasian kegiatan
8. Hasil Capaian Tugas Penyusunan Laporan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Menyusun Rencana Kegiatan Kelurahan
2. Uraian Tugas Bawahan Membagi Tugas Bawahan
3. Peraturan Perundang-undangan Pedoman kerja
4. Kerangka Acuan Kerja Pengevaluasian tugas bawahan
TANGGUNG JAWAB
1. Menghimpun Ketersediaanya rencana kerja
2. Menetapkan Ketersediaanya pembagian tugas
3. Memeriksa Ketersediaanya pedoman operasional
4. Menyelenggarakan Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
5. Memfasilitasi kelengkapan sarana dan prasarana kerja
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi , data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan
4. Mengoreksi kinerja bawahan.
5. Menilai kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat Koordinasi, Kosultasi Instruksi Kerja dan laporan Hasil Pekerjaan
2. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat Koordinasi Kerja
3. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Kelurahan Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis Koordinasi Kerja
4. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis Koordinasi Kerja
5. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Kampung Manggis Kelurahan Kampung Manggis Koordinasi Kerja
6. Sekretaris Kelurahan Kelurahan Kampung Manggis Koordinasi Kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam Ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan Rapi
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer, Komunikasi, analisis dan evaluasi, Penecahan masalah
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 58 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
Porposional
Berat Badan (kg)
:
Porposional
Postur Badan
:
Porposional
Penampilan
:
Porposional
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O2, Mengajar
O5, Mempengaruhi

Kembali ke daftar