Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Inspektur
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan pengelolaan Barang Milik Daerah pada Inspektorat
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
-LPJ
2). Teknis
:
Diklat Pengelolaan Barang Milik Daerah
c. Pengalaman Kerja
:
Fungsional Umum
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melakukan pencatatan dan pengadministrasian Barang Milik Daerah pada Inspektorat 480 0.38
- Membantu menyiapkan dokumen rencana kebutuhan dan penganggaran barang Dokumen 2 7.5 15 0.01
- Melaksanakan pencatatan dan inventarisasi barang Milik Daerah Dokumen 12 7.5 90 0.07
- Menyiapkan dokumen pengajuan usulan pemusnahan dan penghapusan barang milik daerah Dokumen 2 7.5 15 0.01
- Menyusun Laporan Belanja Modal setiap bulan, triwulan, semester dan tahunan Dokumen 18 7.5 135 0.11
- Membuat Kartu Inventaris Ruangan (KIR) dan memberi label setiap barang milik daerah Dokumen 2 7.5 15 0.01
- Melakukan rekonsiliasi dalam rangka penyusunan laporan barang Pengguna Barang dan laporan barang milik daerah Kegiatan 2 7.5 15 0.01
- Membuat laporan bulan, triwulan, semester dan tahunan pengadaan barang milik daerah serta disampaikan ke Bidang Aset pada Badan Pengelola Keuangan Daerah Dokumen 18 7.5 135 0.11
- Membuat Laporan Kapitalisasi barang milik daeran secara triwulan, semester dan tahunan serta disampaikan ke bidang aset pada Badan Pengelola Keuangan Daerah Dokumen 7 7.5 52.5 0.04
- Melakukan Penghitungan nilai akumulasi penyusutan dan nilai beban tahun berjalan setiap barang milik daerah sesuai kebijakan akuntansi daerah dan melaporkannya ke bidang aset pada Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan 1 7.5 7.5 0.01
2. Melakukan pengamanan dan pemeliharaan Barang Milik Daerah pada inspektorat 187.5 0.15
- Membantu mengamankan barang milik daerah yang berada pada Inspektorat Kegiatan 12 7.5 90 0.07
- Melakukan pemeliharaan terhadap Barang Milik Daerah pada Inspektorat Kegiatan 12 7.5 90 0.07
- Menyimpan dokumen Barang Milik Daerah Kegiatan 1 7.5 7.5 0.01
3. Mendistribusikan Barang Milik Daerah 330 0.26
- Menyerahkan barang berdasarkan surat perintah penyaluran barang Kegiatan 12 7.5 90 0.07
- Membantu menyiapkan Suarat Penunjukan Pemegang Barang Dokumen 28 7.5 210 0.17
- Melakukan Stock opname barang persedian Kegiatan 4 7.5 30 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 997.5 0.79
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   28 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan dan petunjuk teknis Sebagai dasar Pelaksanaan kegiatan
2. Surat Keputusan Sebagai dasar Pelaksanaan kegiatan
3. SOP Sebagai dasar Pelaksanaan kegiatan
4. Disposisi atasan Sebagai dasar Pelaksanaan kegiatan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer, lapotop dan printer Sarana mengetik, mengolah dan mencetak data/dokumen
2. ATK Alat kerja
3. Telepon/Handpone Sarana Komunikasi
4. Jaringan koneksi internet Sarana Komunikasi
TANGGUNG JAWAB
Mengelola Barang Milik Daerah pada Inspektorat
 
WEWENANG
Menyampaikan hambatan yang dihadapi kepada atasan langsung
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, Menerima perintah kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
2. Analis Tata Usaha Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
3. Pengadministrasi Umum Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
4. Pengelola Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
5. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
6. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
7. Pemelihara Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
8. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsultasi dan Pertanggungjawaban
9. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi
10. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi
11. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
12. Sekretaris Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
13. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
14. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi dan konsultasi
15. Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah Menerima petunjuk dan arahan
16. Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan Rumah Sakit Umum Daerah Menerima petunjuk dan arahan
17. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah Koordinasi pelaksanaan tugas
18. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
19. Sekretaris Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
20. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
21. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi dan konsultasi
22. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah dan Laporan
23. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
24. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
25. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
26. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
27. Bendahara Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
28. Verifikator Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
29. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
30. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
31. Pengelola Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
32. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
33. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Meminta Arahan
34. Pengadministrasi Umum Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
35. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
36. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
37. Pengelola Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
38. Ajudan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
39. Pengemudi VIP Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
40. Sekretaris Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
41. Analis Tata Usaha Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
42. Pengadministrasi Umum Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
43. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
44. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
45. Pengelola Kepegawaian Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
46. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan Konsultasi kerja
47. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan Konsultasi kerja
48. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi kerja
49. Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Kepegawaian Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi Tugas
50. Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Pengelola Keuangan Daerah Pelaporan
51. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Perintah
52. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
53. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
54. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
55. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
56. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Perintah
57. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
58. Pengadministrasi Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
59. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
60. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
61. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
62. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
63. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
64. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
65. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
66. Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Meminta arahan
67. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
68. Pengadministrasian Umum Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
69. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
70. Pengelola Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
71. Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi dan Koordinasi
72. Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa dan Pengendalian Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Konsultasi dan Koordinas
73. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
74. Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi dan konfirmasi usulan
75. Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi dan konfirmasi bahan usulan
76. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi dan konfirmasi bahan usulan
77. Pengelola Barang Milik Daerah Badan Pengelola Keuangan Daerah melakukan koordinasi
78. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam dan luar ruangan
2. Suhu Semua Kondisi
3. Udara Semua Kondisi
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu banyak mengetik dan menggunakan komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik, mengoperasikan komputer dan sistem aplikasi, mengolah data
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
S, Performing under Stress (PUS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 25 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar