Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Tata Usaha
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Inspektur
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan penatausahaan administrasi umum, pegawai dan keuangan pada Sub Bagian Keuangan, umum dan Kepegawaian
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Diklat perkantoran; diklat manajemen
c. Pengalaman Kerja
:
Fungsional Umum
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun formasi pegawai sesuai dengan analisa jabatan dan analisa beban kerja 844 0.68
- Menyiapkan bahan dan peraturan tentang analisa jabatan dan analisa beban kerja Dokumen 2 2 4 0.00
- Melakukan wawancara dengan pegawai terkait Kegiatan 28 7.5 210 0.17
- Membuat uraian tugas jabatan Dokumen 28 7.5 210 0.17
- Membuat analisa jabatan Dokumen 28 7.5 210 0.17
- Membuat analisa beban kerja pegawai Dokumen 28 7.5 210 0.17
2. Menyusun Standar Prosedur Operasional pekerjaan lingkup Bagian Sekretariat 153 0.12
- Mengumpulkan bahan dan peraturan tentang penyusunan Standar Prosedur Operasional Dokumen 3 1 3 0.00
- Menyusun Standar Prosedur Operasional pekerjaan lingkup Bagian Sekretariat Dokumen 20 7.5 150 0.12
3. Menyusun arsip data kepegawaian masing-masing pegawai 252 0.20
- Mengumpulkan data kepegawaian Dokumen 28 5 140 0.11
- Menyusun arsip data kepegawaian masing-masing pegawai Dokumen 28 2 56 0.04
- Meminta data kepegawaian yang belum lengkap kepada masing-masing pegawai Dokumen 28 2 56 0.04
4. Membuat dan meng update data base pegawai 224 0.18
- Mengumpulkan bahan untuk membuat data base pegawai Dokumen 28 3 84 0.07
- Membuat dan mengupdate data base pegawai Dokumen 28 5 140 0.11
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1473 1.18
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   28 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan dan petunjuk teknis Dasar pelaksanaan tugas
2. Surat Keputusan Dasar pelaksanaan tugas
3. SOP Dasar pelaksanaan tugas
4. Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer, lapotop dan printer Sarana mengetik, mengolah dan mencetak data/dokumen
2. ATK Alat kerja
3. Telepon/Handpone Sarana Komunikasi
4. Jaringan koneksi internet Sarana Komunikasi
TANGGUNG JAWAB
Melaksanakan Ketersedian data dan dokumen administrasi keuangan, umum dan kepegawaian
 
WEWENANG
Menyampaikan hambatan yang dihadapi kepada atasan langsung
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
2. Pengadministrasi Umum Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
3. Pengelola Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
4. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
5. Pengadministrasi Persuratan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
6. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
7. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, menerima instruksi kerja, laporan hasil pelaksanaan kerja
8. Pengadministrasi Umum Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
9. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
10. Pengelola Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
11. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
12. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
13. Pemelihara Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
14. Kepala Sub Bagian Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Barat penegasan / laporan
15. Analis Tata Usaha kelurahan se kecamatan padang panjang barat laporan / pelaksanaan
16. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat koordinasi / pelaksanaan
17. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsultasi dan Pertanggungjawaban
18. Pengadministrasian Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi kerja
19. Pengelola Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
20. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah Tugas / Koordinasi Kerja
21. Pengadministrasi Umum Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi kerja
22. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
23. Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah Menerima petunjuk dan arahan kerja
24. Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan Rumah Sakit Umum Daerah Menerima petunjuk dan arahan
25. Kepala Sub Bagian Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Timur penegasan / laporan
26. Analis Tata Usaha kelurahan se kecamatan padang panjang timur laporan / pelaksanaan
27. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Timur koordinasi / pelaksanaan
28. Pengadministrasi Umum Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
29. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
30. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
31. Pengelola Kepegawaian Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
32. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan Konsultasi kerja
33. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan Konsultasi kerja
34. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika Konsultasi dan Pertanggungjawaban
35. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
36. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
37. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
38. Kepala Bidang Pelayanan, Penanganan, dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
39. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
40. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
41. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
42. Kepala Seksi Pendampingan, Bantuan Stimulasi dan Penataan Lingkungan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
43. Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
44. Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
45. Kepala Seksi Penanganan Masalah Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
46. Kepala Seksi Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
47. Kepala Seksi Pengendalian Penduduk, Informasi Keluarga, dan Analisa Program Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
48. Kepala Seksi Keluarga Berencana, Advokasi, dan Penggerakan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
49. Kepala Seksi Pengendalian Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
50. Kepala Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
51. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
52. Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
53. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah Tugas
54. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah Tugas
55. Pengadministrasi Umum Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
56. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
57. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
58. Pengelola Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Koordinasi
59. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
60. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
61. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
62. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
63. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
64. Pengelola Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam dan luar ruangan
2. Suhu Semua Kondisi
3. Udara Semua Kondisi
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu banyak mengetik dan menggunakan komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik, mengoperasikan komputer, dan mengolah data
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
S, Performing under Stress (PUS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 25 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar