Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan penerbitan serta pelaksanaan pengelolaan dokumen pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam jabatan pelaksana paling singkat 4 tahun atau JF setingkat dengan jabatan pelaksana sesuai bidang tugas yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Peraturan dan Perundang-undangan tentang Pendokumentasian Dokumen dan Kependudukan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun rencana, program kerja, dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Seksi Pendokumentasian Dokumen dan Kependudukan berpedoman kepada rencana strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 84 0.07
- mempelajari Rencana Strategis Dinas yang berkaitan dengan Seksi Pendokumentasian Dokumen dan Kependudukan dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari tugas pokok dan fungsi Seksi Pendokumentasian Dokumen dan Kependudukan dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dan subag perencanaan dokumen 6 2 12 0.01
2. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan Pendokumentasian Dokumen Kependudukan 84 0.07
- mempelajari Rencana Strategis Dinas yang berkaitan dengan Seksi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari tugas pokok dan fungsi Seksi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dan subag perencanaan dokumen 6 2 12 0.01
3. menyelenggarakan pengelolaan arsip vital dan arsip digital kependudukan meliputi penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan dan pendistribusian arsip dokumen kependudukan dan pencatatan sipil 225 0.18
- membagi tugas kepada bawahan pengelolaan 300 0.25 75 0.06
- memberikan arahan kepada bawahan pengelolaan 300 0.25 75 0.06
- memonitoring dan mengevaluasi hasil pekerjaan bawahan pengelolaan 300 0.25 75 0.06
4. mendistribusikan arsip dokumen kependudukan dan pencatatan sipil ke Kecamatan dan Kelurahan 168 0.13
- memerintahkan dan memberi arahan kepada bawahan tentang tata cara pendistribusian blanko-blanko pendistribusian 12 3 36 0.03
- mengawasi pendistribusian blanko ke kelurahan dan kecamatan pendistribusian 12 7 84 0.07
- menerima laporan hasil pendistribusian dari bawahan pendistribusian 12 4 48 0.04
5. memonitoring dan mengevaluasi pendokumentasian dokumen kependudukan dan pencatatan sipil 300 0.24
- memonitoring dan mengevaluasi pendokumentasian dokumen kependudukan dan pencatatan sipil monev 300 1 300 0.24
Jumlah Kebutuhan Pegawai 861 0.69
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan Penyusunan rencana kegiatan seksi informasi
2. Permasalahan dokumentasi kependudukan Kelancaran tugas
3. Jadwal dan Rencana Kegiatan Penyusunan rencana kerja seksi
4. Arsip penduduk Sebagai dokumentasi
5. Data penduduk Kelancaran pelayanan
6. Rencana dan realisasi kegiatan Pelaporan hasil pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Undang-undang kependudukan Pedoman kerja
2. Dokumen kependudukan Kelancaran tugas
3. Renstra Dinas Kelancaran tugas
4. Lemari arsip dan ATK Dokumen penduduk
5. Alat perekaman(kamera) Dokumen penduduk
6. Laporan kegiatan Melaporkan hasil pelaksanaan tugas di lingkungan seksi pendudukan dokumen kependudukan
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa kebenaran rencana kerja dokumentasi
2. Melaksanakan pembagian tugas kepada bawahan
3. Memeriksa kelancaran tugas staf
4. Memeriksa kebenaran hasil kerja bawahan.
5. Menyusun arsip di lingkungan Seksi Pendokumentasian dokumen
6. Memeriksa kebenaran dan ketepatan pemberian saran.
7. Melaksanakan keserasian dalam suasana kerja
8. Memeriksa hasil kerja bawahan
 
WEWENANG
1. Menyusun dan menyiapkan konsep rencana di lingkungan Seksi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan
2. Memberi tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas para bawahan
3. Memberi paraf sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap persetujuan konsep dokumen/surat yang diajukan pada bawahan untuk ditanda tangani atasan.
4. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
5. Berkoordinasi dengan unit kerja untuk kelancaran kerja
6. Mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan Koordinasi kerja
2. Kepala Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
3. Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
4. Pengelola Dokumentasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi tugas
5. Pengadministrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara -
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
-
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
Q, Bakat Ketelitian
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Memegang
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D4, Menghitung data
Hubungan dengan Orang
:
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar