Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Dokumen Mengenai Analisis Dampak Lingkungan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan
IKHTISAR JABATAN
Mengelola objek perencanaan lingkungan dan penyusunan dokumen lingkungan dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Diploma III (D3) di Bidang Teknik Lingkungan/ Kesehatan Lingkungan atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pra Jabatan
2). Teknis
:
- Pelatihan penyusunan Instrumen Lingkungan Hidup - Kursus Dasar AMDAL - Kursus Penilai AMDAL
c. Pengalaman Kerja
:
Fungsional umum pada Dinas PerkimLH
d. Pengetahuan Kerja
:
--
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan sesuai dengan prosedur dan ketentuan berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengn baik 100 0.08
- Mengetik konsep Rencana Anggaran Kegiatan dan perubahannya Dokumen 2 10 20 0.02
- Mengetik konsep Rencana Anggaran Kas (RAK) dan perubahannya Dokumen 2 10 20 0.02
- Mengetik konsep Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) dan perubahannya Dokumen 2 10 20 0.02
- Mengetik Kerangka Acuan Kerja Dokumen 2 20 40 0.03
2. Memantau objek kerja seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal 400 0.32
- Melakukan tinajauan lapangan atas rekomendasi yang akan dikeluarkan untuk perizinan Objek 40 10 400 0.32
3. Mengendalian program pelaksanaan kegiatan seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi penyumpangan dalam pelaksanaannya 20 0.02
- Membuat rekap realisasi fisik dan keuangan pelaksanaan kegiatan seksi perencanaan dan kajian dampak lingkungan Laporan 1 20 20 0.02
4. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan seksi perencanaan dan kajian dampak lingkungan dengan unit- unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 100 0.08
- Melakukan koordinasi pelaksanaan penyusunan dokumen lingkungan dengan OPD lain yang terkait OPD dan Intansansi terkait 5 20 100 0.08
5. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program 600 0.48
- Menyusun dan mengevaluasi dokumen Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Dokumen 1 100 100 0.08
- Menyusun dan mengevaluasi Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) Dokumen 1 200 200 0.16
- Menyusun dan mengevaluasi Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup Dokumen 1 100 100 0.08
- Menyusun dan mengevaluasi Dokumen Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) Dokumen 1 200 200 0.16
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1220 0.98
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Materi peraturan perundang-undangan Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis
2. Materi Renstra, Renja, Rencana operasional Bidang, ATK Penyiapan rencana kegiatan
3. Data potensi dan hasil pemantauan kualitas lingkungan ATK Penyusunan IKPLHD dan IKLH
4. Materi kebijakan, rencana dan program, juknis, ATK Penyiapan materi RPPLH, KLHS, Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup
5. Data pemanfaatan sumber daya alam, Peraturan-peraturan Penentuan daya dukung dan daya tampung lingkungan
6. Permohonan rencana usaha/kegiatan, juknis, Penyusunan dan penilaian dokumen AMDAL, UKL/UPL, SPPL
7. Rencana Kegiatan, ATK, DPA, SOP Pelaksanaan SPIP, SOP
8. Hasil pelaksanaan kegiatan, ATK, Pelaporan hasil pelaksanaan tugas
9. Perintah atasan/disposisi Pelaksanaan tugas lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan, Juknis, computer Pedoman dan landasan kerja dalam penyusunan kebijakan
2. Renstra, Renja, Rencana Operasional Bidang, komputer Pedoman dan penetapan prioritas kegiatan
3. Juknis, format isian, komputer, aplikasi program Penyusunan laporan IKPLHD, dan IKLH
4. Peraturan, komputer, Tim Penyusun Mengolah materi KLHS, RPPLH, Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup
5. Standar mutu lingkungan, hasil analisa sampel, aplikasi program komputer Menyiapkan bahan dan analisa daya dukung dan daya tampung lingkungan
6. Komisi /Tim penilai, Petunjuk teknis, Komputer, proyektor,ruang rapat Penyiapan proses penyusunan dan penilaian dokumen AMDAL, UKL/UPL, SPPL
7. Rencana kegiatan, komputer, ATK Pelaksanaan SPIP
8. Komputer, aplikasi program, realisasi kegiatan Laporan kemajuan pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Menganalisis Kebenaran bahan perumusan kebijakan dan rencana kegiatan
2. Menganalisis Keakuratan data SDA, sumber daya buatan, parameter uji lingkungan, Kehati,
3. Memeriksa Kelengkapan dan keamanan computer dan aplikasi program computer
4. Menganalisis Ketepatan, Keakuratan dan kebenaran waktu, data dan isi laporan
5. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan penyusunan dokumen dan instrument PPLH dengan ketentuan dan juknis yang telah ditentukan
6. Melaksanakan Kesesuaian Keharmonisan hubungan kerja di lingkup Seksi
7. Melaksanakan Ketepatan dan kebenaran waktu dan isi pelaporan
 
WEWENANG
1. Mengembalikan isian format data yang tidak sesuai dengan kebutuhan kegiatan
2. Memelihara perangkat kerja baik perangkat kerja operasional maupun perangkat kerja kantor
3. Menyebarluaskan informasi yang dihasilkan kepada para pihak dan masyarakat
4. Melaksanakan Koordinasi Perencanaan dan kajian dampak lingkungan
5. Memeriksa dan mengoreksi hasil kerja
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup laporan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan dan Luar Ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Stres Banyaknya tuntutan pekerjaan
2. Cedera fisik Kecelakaan kerja, Tindak kekerasan/ketidaksenangan para pihak yang menjadi obyek pemantauan
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan analisis dan evaluasi, berkomunikasi, mengoperasikan Komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Membawa
Menyimpan imbangan/ mengatur imbangan
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 58 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B3, Mengemudikan/ menjalankan mesin
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar