Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Verifikator Keuangan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kasubag Keuangan Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan verifikasi terhadap dokumen usulan pencaian anggaran
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-3 (Diploma-Tiga) bidang Akuntasi/ Manajemen/cAdministrasi Perkantoran atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat Verifikasi Keuangan, Diklat Manajemen Keuangan
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Menyortir serta meneliti dan mencocokkan bukti-bukti pengeluaran dan penerimaan sesuai dengan mata anggaran
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan data laporan surat perintah membayar, surat pertanggungjawaban, daftar himpunan pengeluaran dan surat perhitungan anggaran untuk memudahkan pemeriksaan dan memasukan data agar pekerjaan berjalan lancar 400 0.32
- Mencocokan nilai klaim pada kwitansi, SPM dan dokumen Dokumen 400 0.5 200 0.16
- Memeriksa pajak SPP dan dokumen kelengkapan SPJ Dokumen 400 0.5 200 0.16
2. Mengolah dokumen SPJ yang akan diperiksa sesuai dengan urutan- urutan untuk memudahkan pelaksanaan pemeriksaan agar pekerjaan berjalan dengan lancar 500 0.40
- Memeriksa kelengkapan dokumen sesuai dengan prosedur Dokumen 400 0.5 200 0.16
- Melakukan verifikasi dokumen SPJ Dokumen 400 0.5 200 0.16
- Menyerahkan hasil verifikasi kepada atasan langsung Dokumen 400 0.25 100 0.08
3. Memeriksa laporan surat perintah membayar untuk mengetahui kebenaran laporan agar pekerjaan berjalan dengan lancar 18 0.01
- Memeriksa nomor dan tanggal SPM Dokumen 24 0.25 6 0.00
- Memeriksa nilai dan mata anggaran serta kode rekening Dokumen 24 0.5 12 0.01
4. Memeriksa kelengkapan dan kebenaran surat pertanggungjawaban (SPJ) yang diajukan oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan 200 0.16
- Memeriksa berkas, besarnya anggaran dan kode rekening belanja Dokumen 400 0.25 100 0.08
- Memeriksa dokumen bukti-bukti pengeluaran Dokumen 400 0.25 100 0.08
5. Mencocokan hasil pemeriksaan dan perhitungan laporan surat perintah membayar, surat pertanggungjawaban, daftar himpunan pengeluaran dan surat perhitungan anggaran untuk mengetahui hasil yang diharapkan agar pekerjaan berjalan dengan lancar 72 0.06
- Menghitung laporan surat perintah membayar yang akan dicocokan Dokumen 24 1 24 0.02
- Membuat daftar himpunan pengeluaran dan surat perhitungan Dokumen 24 1 24 0.02
- Menghimpun pengeluaran dan surat perhitungan anggaran Dokumen 24 1 24 0.02
6. Mempelajari pedoman penyelenggaraan verifikasi dan perhitungan guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas agar pekerjaan berjalan dengan lancar 36 0.03
- Mengumpulkan peraturan terkait penyelenggaraan verifikasi keuangan Dokumen 3 3 9 0.01
- Mempelajari peraturan dan pedoman terkait penyelenggaraan verifikasi keuangan Dokumen 3 9 27 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1226 0.98
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Nota Pencairan Dana (NPD) dan draft bukti-bukti pengeluaran Verifikasi Nota Pencairan Dana (NPD) dan draft bukti-bukti pengeluaran
2. Dokumen belanja pengadaan barang dan jasa (LS) serta belanja modal Verifikasi dokumen belanja pengadaan barang dan jasa (LS) serta belanja modal
3. Bukti-bukti pengeluaran yang sah, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Surat Setoran Pajak (SSP) dan Buku Kas Umum (BKU) Verifikasi bukti-bukti pengeluaran yang sah, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Surat Setoran Pajak (SSP) dan Buku Kas Umum (BKU)
4. Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Administratif dan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Fungsional dan Buku Kas Umum (BKU) Verifikasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Administratif dan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Fungsional dan Buku Kas Umum (BKU)
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan tentang Keuangan Daerah, Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Lainnya, Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Keuangan, Dokumen Pelaksanaan Anggaran dan kalkulator Verifikasi Nota Pencairan Dana (NPD) dan draft bukti-bukti pengeluaran
2. Peraturan tentang Keuangan Daerah, Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Lainnya, Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Keuangan, Dokumen Pelaksanaan Anggaran dan kalkulator Verifikasi dokumen belanja pengadaan barang dan jasa (LS) serta belanja modal
3. Peraturan tentang Keuangan Daerah, Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Lainnya, Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Keuangan, Dokumen Pelaksanaan Anggaran dan kalkulator verifikasi bukti-bukti pengeluaran yang sah, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Surat Setoran Pajak (SSP) dan Buku Kas Umum (BKU)
TANGGUNG JAWAB
Memeriksa kelengkapan laporan pertanggungjawaban administrasi keuangan
 
WEWENANG
1. Mengembalikan laporan pertanggungjawaban administrasi keuangan yang tidak lengkap
2. Memverifikasi kelengkapan laporan keuangan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
2. Bendahara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
3. Pengadministrasi Keuangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
4. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan laporan
5. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
6. Bendahara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
7. Bendahara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu koordinasi kerja
8. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan konsultasi dan koordinasi tugas
9. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah Tugas/ Laporan
10. Bendahara Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
11. Pengolah Data Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
12. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
13. Kepala Bidang Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
14. Kepala Seksi Verifikasi Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
15. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menerima Instruksi
16. Bendahara Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi Kerja
17. Kepala Sub Bagian Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja dan laporan pelaksanaan tugas
18. Bendahara Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
19. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
20. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
21. Kepala Seksi Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
22. Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
23. Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
24. Kepala Seksi Penataan dan Pelestarian Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
25. Kepala Seksi Pengolahan dan Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
26. Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
27. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
28. Bendahara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
29. Pengadministrasi Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
30. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Meminta Arahan
31. Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
32. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
33. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
34. Pengelola Program dan Kegiatan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
35. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
36. Bendahara Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
37. Pengadministrasi Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
38. Penyusun Laporan Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
39. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang meminta arahan
40. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Komunikasi dan Informatika laporan, koordinasi dan bimbingan
41. Pengadministrasi Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
42. Bendahara Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
43. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
44. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
45. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
46. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
47. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
48. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
49. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
50. Pengelola Program dan Kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
51. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
52. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
53. Bendahara Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
54. Pengadministrasi Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
55. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
56. Penyusun Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
57. Verifikator Keuangan Dinas Kesehatan koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan dan diluar ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak -
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mempunyai ketelitian yang tinggi dalam memeriksa keuangan
 
b. Bakat Kerja
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Memegang
Bekerja dengan jari
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar