Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Bidang E-Government dan Teknologi Informasi
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Memimpin mengkoordinasikan dan menyusun bahan kebijakan terkait dengan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM III -Dikla Pengadaan Barang dan Jasa dan memiliki sertifikat - Diklat Pengelolaan Teknologi Informasi - Diklat Keamanan Informasi - Diklat Perencanaan - Diklat Dasar Statistik - Diklat Dasar Persandian
2). Teknis
:
memguasai teknologi informatika
c. Pengalaman Kerja
:
memiliki pengalaman pada jabatan pengawas paling singkat 3 (tiga) tahun ayau JF yang setingkat dengan jabatan pengawas sesuai dengan bidang tugas jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
-menguasai manajemen pengelolaan teknologi informasi, persandian dan statistik
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. merencanakan operasional di bidang E-Government dan Teknologi Informasi berdasarkan program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai pedoman pelaksanaan tugas 24 0.02
- Menyusun draft renacana kegiatan dilingkungan kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi agenda 3 2 6 0.00
- Menelaah rencana kerja, program kerja dan kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 2 6 0.00
- Mengkonsultasikan draft rencana kerja kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan dokumen 3 2 6 0.00
- memfinalisasi dan menetapkan rencana kerja di lingkungan kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 2 6 0.00
2. membagi tugas kepada bawahan di Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang dilaksanakan berjalan efisien dan efektif 180 0.14
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan bawahan agenda 12 3 36 0.03
- Memaparkan rencana kegiatan sekretariat juklak 6 2 12 0.01
- Menghimpun saran dan masukan dari masing masing kepala seksi atau jabatan pengawas notulen 24 2 48 0.04
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing masing kepala Seksi atau jabatan pengawas SOP 24 2 48 0.04
- menentukan target waktu penyelesaian kartu kendali 12 3 36 0.03
3. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas; 84 0.07
- Memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang dialami data 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi kesulitan yang adialami oleh bawahan data 12 2 24 0.02
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan kegiatan 12 1 12 0.01
- Menganalisis permasalahan bersama dengan atasan untuk menentukan solusi terbaik data 12 2 24 0.02
4. menyelia pelaksanaan tugas bawahan di Bidang E- Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan 144 0.12
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan hasil kerja 24 2 48 0.04
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis koreksi 24 2 48 0.04
- memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan koreksi 24 2 48 0.04
5. menyelenggarakan, mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan 108 0.09
- Mengoreksi data kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi Kerangka Acuan Kerja kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi evaluasi data kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi rencana kerja kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi analisis data kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian data 6 2 12 0.01
- Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pengembangan infrtastruktur teknologi informasi (command center) dokumen 12 2 24 0.02
- Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan persandian untuk pengaman informasi pemerintah daerah dokumen 12 2 24 0.02
6. menyelenggarakan, mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan Seksi Statistik sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan 84 0.07
- Mengoreksi rencana kerja kegiatan Seksi Statistik data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi Kerangka Acuan Kerja kegiatan Seksi Statistik data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi data kegiatan Seksi Statistik data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi analisis data kegiatan Seksi Statistik data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi evaluasi data kegiatan Seksi Statistik data 6 2 12 0.01
- Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaran statistik sektoral daerah dokumen 12 2 24 0.02
7. menyelenggarakan, mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan Seksi Layanan Aplikasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan 108 0.09
- Mengkoreksi evaluasi data kegiatan Seksi Layanan Aplikasi data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi data kegiatan Seksi Layanan Aplikasi data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi analisis data kegiatan Seksi Layanan Aplikasi data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi rencana kerja kegiatan Seksi Layanan Aplikasi data 6 2 12 0.01
- Mengoreksi kerangka acuan kerja kegiatan Seksi Layanan Aplikasi data 6 2 12 0.01
- Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Padang Panjang Smart City dokumen 12 2 24 0.02
- Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pengelolan akses internet dan internet pemerintah kota padang panjang dokumen 12 2 24 0.02
8. merancang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan 88 0.07
- Mengoreksi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi kegiatan 20 2 40 0.03
- Mengoreksi Standar operasional Prosedur kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 12 2 24 0.02
- Mengoreksi Standar Layanan Publik dokumen 12 2 24 0.02
9. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di Bidang E- Government dan Teknologi Informasi dengan cara membandingkan rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang 232 0.19
- memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan bahan 24 2 48 0.04
- Menentukan standard kualitas da atau kwantitas hasil kerja laporan 24 2 48 0.04
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis bahan koreksi 24 2 48 0.04
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan staf Bidang E-Goverment agenda 24 2 48 0.04
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesui dengan standar yang telah di tentukan laporan 20 2 40 0.03
10. membuat laporan pelaksanaan tugas di Bidang E- Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 232 0.19
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan kegiatan di Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi draft 20 2 40 0.03
- Membahas bahan laporan dengan bawahan koreksi 24 2 48 0.04
- Memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan tugas laporan 24 2 48 0.04
- Membuat laporan yang diterima dari bawahan bahan 24 2 48 0.04
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan bahan 24 2 48 0.04
11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan 102 0.08
- Mengikuti rapat koordinasi antar OPD dilingkup pemerintahan Kota Padang Panjang laporan 12 4 48 0.04
- Mengikuti rapat koordinasi dalam dan luar daerah laporan 6 6 36 0.03
- Menelaah ,mempelajari dan menindaklanjuti perintah yang diberikan oleh atasan baik lisan ataupun tulisan laporan 6 3 18 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1386 1.13
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang undangan pedoman pelaksana tugas
2. rencana kerja tahun lalu dan tahun berjalan pedoman pelaksana tugas
3. Disposisi pimpinan pedoman pelaksana tugas
4. Perwako dan surat penting lainnnya pedoman pelaksana tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer ,internet , LAN peralatan kerja
2. Alat Tulis Kantor administrasi
3. Kendaraan operasional pemasanga jaringan telekomunikasi
4. SOP dan Petunjuk teknis membuat laporan
5. Kerangka Acuan Kerja memberi petunjuk pelaksanaan tugas
6. SOTK Tupoksi mendistribusikan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Renacana Kerja
2. Melaksanakan pembagian tugas
3. Mengendalikan pedoman opersioanal dalam pelaksanaan tugas
4. Melaksanakan kegiatan seksi infrastruktur teknologi dan persandian
5. Melaksanakan kegiatan seksi statistik
6. Melaksanakan kegiatan layanan aplikasi
 
WEWENANG
1. menyampaikan informasi, data sesuia prosedur dan ketentuan yang berlaku
2. mengoreksi laporan bawahan
3. menilai kinerja bawahan
4. memberi tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas dilingkungan Bidang E-Goverment dan teknologi informasi
5. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
6. berkoordinasi dengan unit kerja untuk melancarkan kerja
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Konsultasi dan petanggungjawaban
2. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi
3. Kepala Seksi Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika penugasan dan evaluasi
4. Kepala Seksi Layanan Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika penugasan dan evaluasi
5. Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika penugasan dan evaluasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja di dalam dan di luar ruangan
2. Suhu suhu kamar normal
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja tenang
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. psikis tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
menguasai manajemen pengelolaan teknologi informasi, persandian dan statistik
menguasai manajemen pengelolaan teknologi informasi, persandian dan statistik
menguasai manajemen pengelolaan teknologi informasi, persandian dan statistik
menguasai manajemen pengelolaan teknologi informasi, persandian dan statistik
menguasai manajemen pengelolaan teknologi informasi, persandian dan statistik
menguasai manajemen pengelolaan teknologi informasi, persandian dan statistik
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Mengangkat
Membawa
Mendorong
Menjangkau
Memegang
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Penyesuaian lensa mata
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 50
Tinggi Badan (cm)
:
150
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B0, Memasang mesin
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O2, Mengajar
O3, Menyelia
O5, Mempengaruhi
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar