Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Memimpin , mengkoordinasikan , merumuskan dan menetapkan bahan kebijakan terkait dengan pelaksanaan tugas pada Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM II - Diklat Jurnalistik/Kehumasan - Diklat Keamanan Informasi - Diklat Perencanaan - Diklat manajemen pengelolaan data
2). Teknis
:
Menguasai pengetahuan teknis perencanaan, administrasi keuangan, umum dan administrasi kepegawaian, menguasai manajemen komunikasi dan informatika
c. Pengalaman Kerja
:
memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
memiliki pengetahuan teknis perencanaan, administrasi keuangan, umum dan administrasi kepegawaian, menguasai manajemen komunikasi dan informatika
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. merumuskan dan menetapkan kebijakan teknis dan rencana strategis pada Dinas Komunikasi dan Informatika berdasarkan Rencana Strategis dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas 72 0.06
- Mempelajari rumusan kebijakan dan rencana strategis kali 2 4 8 0.01
- Menyusun Konsep rumusan kebijakan dan rencana strategis penyelenggaraan sebagian urusan pemerintahan di bidang Komunikasi dan Informatika kali 4 8 32 0.03
- Mengkonsultasikan konsep rumusan kebijakan dan rencana strategis dengan pimpinan daerah kali 4 4 16 0.01
- Memfinalisasi rumusan kebijakan penyelenggaraan sebagian urusan di bidang Komunikasi dan Informatika kali 4 4 16 0.01
2. mengkoordinasikan kebijakan daerah dalam bidang komunikasi dan informatika, statistik dan persandian berdasarkan Rencana Strategis daerah agar tercapai target kerja sesuai dengan rencana 60 0.05
- Melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah tentang konsep pelaksanaan kebijakan Dinas Komunikasi dan Informatika kali 12 3 36 0.03
- melaksankan rapat koordinasi dengan bawahan agenda 12 2 24 0.02
3. membina bawahan di Lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika dengan cara rapat/pertemuan dan bimbingan secara berkala agar diperoleh kinerja yang diharapkan 744 0.60
- menjabarkan rumusan kebijakan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan oleh lingkungan sekretariat maupun seksi seksi Dinas kali 48 3 144 0.12
- Menghimpun saran dan masukan dari pejabat struktural dilingkungan Sekretariat dan seksi kali 24 2 48 0.04
- memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada pejabat struktural dilingkungan sekretariat dan seksi kali 24 3 72 0.06
- menentukan target waktu penyelesaian kali 48 1 48 0.04
- menjabarkan rumusan kebijakan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan oleh lingkungan sekretariat maupun seksi seksi Dinas kali 48 3 144 0.12
- Menghimpun saran dan masukan dari pejabat struktural dilingkungan Sekretariat dan seksi kali 48 3 144 0.12
- memberi petunjuk pelaksanaan tigas kepada pejabat struktural dilingkungan sekretariat dan seksi kali 48 2 96 0.08
- menentukan target waktu penyelesaian kali 48 1 48 0.04
4. mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan di Lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan tugas, tanggung jawab, permasalahan dan hambatan serta ketentuan yang berlaku untuk ketepatan dan kelancaran pelaksanaan tugas 36 0.03
- menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan bawahan bahan 12 0.5 6 0.00
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan hasil Juklak dokumen 12 0.5 6 0.00
- menentukan target waktu penyelesaian koreksi 12 1 12 0.01
- memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya bahan 12 1 12 0.01
5. merumuskan kebijakan dan mengendalikan kegiatan Sekretariat sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pencapaian target kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika 70 0.06
- Mengumpulkan data kegiatan di bidang sekretariat data 2 7 14 0.01
- Menganalisis data kegiatan di bidang sekretariat data 2 7 14 0.01
- Mengevaluasi data kegiatan di bidang sekretariat data 2 7 14 0.01
- Menyusun Kerangka Acuan Kerja kegiatan di bidang sekretariat data 2 7 14 0.01
- Menyusun Rencana Kerja kegiatan di bidang sekretariat data 2 7 14 0.01
6. merumuskan kebijakan dan mengendalikan kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pencapaian target kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika 108 0.09
- Menyusun rencana kerja kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 6 18 0.01
- Menyusun kerangka acuan kerja kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 6 18 0.01
- Mengumpulkan data kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 6 18 0.01
- Melakukan tabulasi data kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 6 18 0.01
- Menganalisis data kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 6 18 0.01
- Mengevaluasi data kegiatan Bidang E-Goverment dan Teknologi Informasi dokumen 3 6 18 0.01
7. merumuskan kebijakan dan mengendalikan kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pencapaian target kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika 108 0.09
- Menyusun kerangka acuan kerja kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dokumen 3 6 18 0.01
- Menyusun rencana kerja kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dokumen 3 6 18 0.01
- Mengevaluasi data pada kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dokumen 3 6 18 0.01
- Mengumpulkan data kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dokumen 3 6 18 0.01
- Mengumpulkan tabulasi data kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dokumen 3 6 18 0.01
- Menganalisis data kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dokumen 3 6 18 0.01
8. menyusun dan menetapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan 40 0.03
- menyusun dan menetapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah kegiatan 6 1 6 0.00
- menyusun dan menetapkan Standar Operasional Prosedur SOP 12 2 24 0.02
- menyusun dan menetapkan Standar Pelayanan Publik SPP 5 2 10 0.01
9. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika dengan cara membandingkan rencana dengan realisasi kegiatan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan datang 51 0.04
- menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan bahan 12 1 12 0.01
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan koreksi 12 1 12 0.01
- Membuat koreksi hasil kerja berupa catatan tertulis bahan koreksi 12 1 12 0.01
- Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan bahan koreksi 12 1 12 0.01
- Menentukan standar kualitas dan atau kuantitas hasil kerja bahan koreksi 6 0.5 3 0.00
10. melaporkan hasil pelaksanaan tugas di Lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan rencana kerja dinas sebagai akuntabilitas kinerja bidang komunikasi dan informatika 135 0.11
- Menganalisa laporan yang diterima dari bawahan laporan 12 1 12 0.01
- Membahas bahan laporan dengan bawahan koreksi 12 2 24 0.02
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan kegiatan dilingkungan dinas Komunikasi dan Informatika draft 18 2 36 0.03
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan koreksi bahan 9 1 9 0.01
- Memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan tugas laporan 18 3 54 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1424 1.16
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Pembangunan Jangka Panjang atau Menengah Daerah Penyusunan Rencana Operasional Dinas Komunikasi dan Informatika
2. Beban Kerja Unit Pendistribusian tugas kepada bawahan
3. SOTK dan Rencana Opersional Pemberian petunjuk dan arahan
4. Renstra Unit Perumusan program
5. Program Kerja pengkoordinasian pelaksanaan tugas unit kerja
6. Data Kegiatan Dinas Komunikasi dan Informatika Pengendalian kegiatan
7. Laporan Pelaksanaan tugas bawahan evaluasi pelaksanaan tugas
8. Laporan Hasil Kegiatan Penyusunan laporan
9. instruksi pimpinan pelaksanaan tugas kedinasan lain
10. Data Pegawai pembinaan bawahan dilingkungan unit kerja
11. jabatan tugas dan program kerja unit pengarahan pelaksanaan tugas
12. Rumusan Kebijakan teknis perumusan kebijakan teknis
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Strategis penyusunan remcana opersional unit kerja
2. SOTK (tupoksi) mendistribusikan tugas
3. perjanjian kinerja memberikan petunjuk pelaksanaan tugas
4. Tupoksi dan kebijakan pimpinan merumuskan program kerja
5. Program kerja unit mengkoordinasikan tugas unit kerja
6. tupoksi dan program kerja membina bawahan dilingkungan unit kerja serta mengendalikan kegiatan pada setiap bidang unit kerja
7. Rencana Program Kerja mengevaluasi pelaksanaan tugas
8. SOP dan petunjuk teknis membuat laporan
9. Peraturan terkait dan arahan pimpinan melaksanakan tugas kedinasan lain
TANGGUNG JAWAB
1. Mengendalikan kelancaran pelaksanaan kegiatan dinas komunikasi dan informatika
2. Menetapkan terumuskannya kebijakan teknis kegiatan bidang E-govermment dan teknologi informasi
3. Menetapkan terumuskannya kebijakan teknis kegiatan bidang Informasi dan Komunikasi publik
4. Menetapkan terumuskannya kebijakan teknis kegiatan bidang kesekretariatan
 
WEWENANG
1. menyampaikan informasi data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
2. meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam selama menjalankan tugas
3. menentukan prioritas pekerjaan
4. meminta kelengkapan data dan informasi kepada unit kerja yang relevan
5. menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai dengan ketentuan
6. membimbing dan menegur bawahan
7. mengoreksi laporan bawahan
8. menilai sasaran prestasi kinerja pegawai
9. menyampaikan saran dan pertimbangan walikota dan sekretaris daerah atau jabatan pimpinan tinggi pratama
10. membuat laporan pelaksanaan tugas
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Sekretaris Daerah Sekretariat Daerah Kota konsultasi dan pertanggungjawaban
2. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota konsultasi dan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja di dalam dan di luar ruangan
2. Suhu suhu kamar normal
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. psikis tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan analisis dan Evaluasi kinerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Penyesuaian lensa mata
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
50
Tinggi Badan (cm)
:
175
Berat Badan (kg)
:
75
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O2, Mengajar
O3, Menyelia
O4, Menghibur
O5, Mempengaruhi
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar