Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Kepegawaian
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Organisasi
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Aparatur dan Kinerja
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pengelolaan bahan dan penyusunan laporan dibidang kepegawaian
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-III Manajemen; D-III Administrasi Publik
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Diklat pengelolaan kepegawaian; Diklat manajemen ASN
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melakukan kegiatan pengelolaan yang meliputi penyiapan bahan, koordinasi dan penyusunan laporan di bidang kepegawaian. 253.5 0.20
- Mengelola surat masuk dan surat keluar terkait kepegawaian Surat 60 0.5 30 0.02
- Menyiapkan bahan untuk usulan kenaikan pangkat dan usulan pensiun Bahan 50 0.5 25 0.02
- Membuat rekapitulasi daftar hadir berdasarkan rekap dari finger print Rekapitulasi 12 0.5 6 0.00
- Membuat daftar nominatif kepegawaian Bezzeting 4 0.5 2 0.00
- Membuat Daftar Urut Kepangkatan DUK 4 0.5 2 0.00
- Mengumpulkan SKP dan membuat rekapitulasi SKP Rekap SKP 105 0.5 52.5 0.04
- Membuat Cuti berdasarkan permohonan pegawai ybs agar terlaksana tertib administrasi Cuti 105 0.5 52.5 0.04
- Membuat Kenaikan Gaji Berkala berdasarkan masa kerja golongan untuk kesejahteraan pegawai KGB 50 0.5 25 0.02
- Mengkoordinasi masalah data kepegawaian yang belum cocok berdasarkan bezzeting kepegawaian agar data kepegawaian lebih akurat Koordinasi 105 0.5 52.5 0.04
- Menyusun laporan pelaksanaan tugas di bidang kepegawaian Laporan 12 0.5 6 0.00
2. Menyiapkan bahan bahan di bidang pengelolaan administrasi kepegawaian dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 275 0.22
- Mempelajari dan menelaah bahan pengelolaan kepegawaian dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Mengetik dan memverifikasi berkas kelengkapan KARIS, KARSU, KARPEG/KP/KGB, Taspen/ Cuti dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Mengiventarisir nama nama yang akan diajukan dan diproses untuk pengurusan KARIS, KARPEG/KP/KGB, Taspen/Cuti dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Menyampaikan usulan KARIS, KARSU, KARPEG/KP/KGB, Taspen/Cuti dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Menyusun file kepegawaian PNS di lingkungan Setdako dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
3. Melakukan koordinasi dengan unit unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal. 165 0.13
- Mengetik surat usulan pemberian Satya lencana untuk mendapat persetujuan dari Sekretaris Daerah dan diserahkan kepada BKPSDM dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Menyiapkan absensi pegawai dilingkungan Setdako untuk disampaikan kepada BKPSDM dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Menyerahkan berkas kepada Kabag/Administrator/JPT untuk divalidasi dan ditandatangani dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
4. Menyusun laporan kepegawaian secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya. 165 0.13
- Mempelajari peraturan yang berkaitan dengan kepegawaian dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Menyiapkan bezzeting dan DUK pegawai dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kasubag dokumen kepegawaian 110 0.5 55 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 858.5 0.68
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Dokumen recana kerja terkait bidang kepegawaian sebagai dasar
2. Dokumen recana kerja terkait bidang kepegawaian sebagai dasar
3. Dokumen recana kerja terkait bidang pemberian cuti, Satya Lencana dan Kenaikan sebagai dasar
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI sebagai pedoman
2. peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI sebagai pedoman
3. peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI sebagai pedoman
TANGGUNG JAWAB
1. Menyiapkan ketersediaanya dokumen masing masing pegawai
2. kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan/SOP
 
WEWENANG
mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
2. Kepala Sub Bagian Aparatur dan Kinerja Sekretariat Daerah Kota Menerima arahan, tugas dan koordinasi kerja
3. Fungsional Umum Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
4. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Koordinasi
5. Kepala Sub Bidang Disiplin dan Pembinaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia koordinasi laporan
6. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi laporan
7. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil konsultasi dan koordinasi
8. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
9. Analis Tata Usaha Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
10. Pengadministrasi Umum Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
11. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsultasi dan Pertanggungjawaban
12. Analis Tata Usaha Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
13. Pengadministrasian Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
14. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
15. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
16. Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
17. Kepala Sub Bagian Kepegawaian Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
18. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja dan pelaporan pelaksanaan tugas
19. Pengadministrasi Umum Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
20. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, menerima perintah kerja dan laporan pelaksanaan tugas
21. Analis Tata Usaha Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
22. Pengadministrasi Umum Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
23. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
24. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
25. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
26. Pemelihara Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
27. Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Minta arahan
28. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Minta arahan
29. Pengadministrasi Umum Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
30. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
31. Analis Tata Usaha Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
32. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
33. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Meminta Arahan
34. Pengadministrasi Umum Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
35. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
36. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
37. Ajudan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
38. Pengemudi VIP Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
39. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Perintah tugas
40. Pengadministrasian Barang Milik Negara Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi kerja
41. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah tugas
42. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah konsultasi , penyerahan dokumen
43. Kepala Sub Bidang Disiplin dan Pembinaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Konsultasi, penyampaian dokumen
44. Kepala Sub Bidang Mutasi dan Jabatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Konsultasi, penyampaian dokumen
45. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Konsultasi kerja
46. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
47. Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
48. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
49. Analis Tata Usaha Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
50. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
51. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
52. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
53. Pengelola Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melakukan koordinasi
54. Pengelola Kepegawaian Dinas Kesehatan koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja di dalam ruangan
2. Suhu suhu kamar normal
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih
9. Getaran tidak ada getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
kemampuan menyusun data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar