Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Pelayanan Publik
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Organisasi
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Tata Laksana
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan analisis dan penelaahan dalam rangka penyusunan rekomendasi di bidang pelayanan publik
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S-1 (Strata Satu)/D-IV (Diploma Empat) Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, Hukum/Administrasi Pemerintah
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
- Diklat LPJ
2). Teknis
:
- Diklat Pelayanan Publik -Survei SKM
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan
d. Pengetahuan Kerja
:
- Pengetahuan tentang survei kepuasan masyarakat
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan bahan dokumen bidang pelayanan publik sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan. 40 0.03
- Membuat konsep pedoman terkait analisis pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- memverifikasi konsep pedoman analisis pelayanan publik Dokumen 1 5 5 0.00
- membuat konsep pedoman kepada Kasubag Dokumen 1 5 5 0.00
- Memfinalisasikan pedoman analis pelayanan publik kepada Kasubag Dokumen 1 5 5 0.00
2. Mengklasifikasikan bahan dokumen bidang survei kepuasan masyarakat sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas. 200 0.16
- Mengumpulkan data dan bahan permasalahan dibidang analisa pelayanan publik Dokumen 10 5 50 0.04
- Mengumpulkan bahan hasil penelitian permasalahan analisa pelayanan publik Dokumen 10 5 50 0.04
- Membuat defenisi operasional hasil penelitian analisa pelayanan publik dengan menjadikan variabel menjadi operasional Dokumen 10 5 50 0.04
- Menyusun desain analisa pelayanan publik Dokumen 10 5 50 0.04
3. Menelaah bahan dokumen bidang pelayanan publik berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan. 100 0.08
- Mengumpulkan data dan bahan permasalahan dibidang analisa pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- Mengumpulkan bahan hasil penelitian permasalahan analisa pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- Membuat defenisi operasional hasil penelitian analisa pelayanan publik dengan menjadikan variable menjadi operasional Dokumen 5 5 25 0.02
- Menyusun desain analisa jabatan Dokumen 5 5 25 0.02
4. Menyimpulkan hasil kerja dokumen bidang pelayanan publik untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil kesimpulan dapat bermafaat. 75 0.06
- Menyusun desain analisa pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- menganalisis/verifrikasi konsep analisa pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- Menyerahkan hasil olahan analisa pelayanan publik kepada kasubag untuk diserahkan kepada pimpinan Dokumen 5 5 25 0.02
5. Menyusun rekomendasi bidang kepuasan masyarakat dan pelayanan publik berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit. 75 0.06
- Mengumpulkan data dan bahan analisa pelayanan publik dari OPD Dokumen 5 5 25 0.02
- Memverifikasi hasil entrian data analisis pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- Menghimpun hasil analisis jabatan untuk didokumentasikan sebagai bahan rekomendasi kepada pimpinan Dokumen 5 5 25 0.02
6. Menyusun draft laporan kegiatan pelayanan publik sebagai pertanggung jawaban kepada pimpinan 85 0.07
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan kegiatan pelayanan publik Dokumen 10 5 50 0.04
- Memverifikasi konsep laporan Dokumen 5 5 25 0.02
- membuat konsep laporan kepada Kasubag Dokumen 1 5 5 0.00
- Memfinalisasi Laporan pelaksanaan kegiatan pelayanan publik kepada Kasubag Dokumen 1 5 5 0.00
7. Mengumpulkan bahan dokumen bidang pelayanan publik sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan. 100 0.08
- Membuat konsep pedoman terkait analisis pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- memverifikasi konsep pedoman analisis pelayanan publik Dokumen 5 5 25 0.02
- membuat konsep pedoman kepada Kasubag Dokumen 5 5 25 0.02
- Memfinalisasikan pedoman analis pelayanan publik kepada Kasubag Dokumen 5 5 25 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 675 0.54
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. dokumen rencana kerja terkait pelayanan publik Sebagai dasar
2. dokumen rencana kerja terkait survei kepuasan masyarakat Sebagai dasar
3. dokumen rencana kerja terkait pelayanan publik Sebagai dasar
4. dokumen rencana kerja terkait pelayanan publik Sebagai dasar
5. dokumen rencana kerja terkait kepuasan masyarakat dan pelayanan publik Sebagai dasar
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
2. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
3. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
4. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
5. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
TANGGUNG JAWAB
1. Menyiapkan Ketersediaannya rencana kerja
2. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan/SOP
 
WEWENANG
Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pelayanan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
2. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
3. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
4. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
5. Kepala Seksi Pelayanan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
6. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
7. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
8. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
9. Kepala Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan Pelaporan Pelaksanaan Tugas
10. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
11. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
12. Pengelola Dokumen Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
13. Pengadministrasi Pengaduan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
14. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota meminta arahan
15. Kepala Sub Bagian Tata Laksana Sekretariat Daerah Kota meminta arahan
16. Analis Tata Laksana Sekretariat Daerah Kota koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu suhu kamar normal
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih
9. Getaran tidak ada getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
3. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
4. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Membawa
Mendorong
Menarik
Memegang
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar