Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Lingkungan Hidup
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan
IKHTISAR JABATAN
Menelaah dan manganalisa objek penyusunan dokumen perencanaan lingkungan dan kajian dampak lingkungan sesuai dengan prosedur yang berlaku agar semua pekerjaan dapat diselesaikan secara berdayaguna dan berhasil guna.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana (S1)/Diploma (D4) Bidang Teknik Lingkungan/ Kesehatan Lingkungan atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pra Jabatan
2). Teknis
:
- Pelatihan penyusunan Instrumen Lingkungan Hidup - Kursus Dasar AMDAL - Kursus Penilai AMDAL
c. Pengalaman Kerja
:
Fungsional umum pada Dinas PerkimLH
d. Pengetahuan Kerja
:
Fungsional umum pada Dinas PerkimLH
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan bahan- bahan kerja seksi perencanaan dan kajian dampak lingkungan sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan 600 0.48
- Mengumpulkan bahan untuk penyusunan dokumen Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Dokumen 1 100 100 0.08
- Mengumpulkan bahan untuk penyusunan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) Dokumen 1 200 200 0.16
- Mengumpulkan bahan untuk penyusunan dokumen Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup Dokumen 1 100 100 0.08
- Mengumpulkan bahan untuk penyusunan Dokumen Daya dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) D 1 200 200 0.16
2. Mempelajari, manganalisa serta menelaah bahan- bahan pelaksanaan kegiatan seksi perencanaandan kajian dampak lingkungan untuk memperlancar pelaksanaan tugas 200 0.16
- Mempelajari, menganalisa serta menelaah bahan penyusunan dokumen Rencana Perlindungan dan Kajian Dampak Lingkungan (RPPLH) Dokumen 1 100 100 0.08
- Mempelajari, menganalisa serta menelaah bahan penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Dokumen 1 100 100 0.08
3. Mengadakan penelitian berdasarkan permasalahan pelaksanaan kegiatan seksi perencanaandan kajian dampak lingkungan dalam rangka menyelesaian pekerjaan 200 0.16
- Melakukan penelitian lapangan terhadap sumber pencemar yang berdampak terhadap lingkungan sebagai rekomendasi untuk izin lingkungan Objek 40 5 200 0.16
4. Membuat laporan berdasrkan hasil pelaksanaan kegiatan untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil telaahan dapat bermanfaat 10 0.01
- Melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada atasan Laporan 1 10 10 0.01
5. Memberikan saran berdasarkan pelaksanaan pekerjaan penyusunan dokumen lingkungan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit 135 0.11
- Membuat rekap saran/pendapat/usulan terhadap pembahasan dokumen UKL-UPL yang dibahas oleh Tim Dokumen 9 15 135 0.11
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1145 0.92
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Materi peraturan perundang-undangan Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis
2. Materi Renstra, Renja, Rencana operasional Bidang, ATK Penyiapan rencana kegiatan
3. Data potensi dan hasil pemantauan kualitas lingkungan ATK Penyusunan IKPLHD dan IKLH
4. Materi kebijakan, rencana dan program, juknis, ATK Penyiapan materi RPPLH, KLHS, Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup
5. Data pemanfaatan sumber daya alam, Peraturan-peraturan Penentuan daya dukung dan daya tampung lingkungan
6. Permohonan rencana usaha/kegiatan, juknis Penyusunan dan penilaian dokumen AMDAL, UKL/UPL, SPPL
7. Rencana Kegiatan, ATK, DPA, SOP Pelaksanaan SPIP, SOP
8. Hasil pelaksanaan kegiatan, ATK, Pelaporan hasil pelaksanaan tugas
9. Perintah atasan/disposisi Pelaksanaan tugas lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan, Juknis, computer Pedoman dan landasan kerja dalam penyusunan kebijakan
2. Renstra, Renja, Rencana Operasional Bidang, computer Pedoman dan penetapan prioritas kegiatan
3. Juknis, format isian, computer, aplikasi program Penyusunan laporan IKPLHD, dan IKLH
4. Peraturan, computer, Tim Penyusun Mengolah materi KLHS, RPPLH, Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup
5. Standar mutu lingkungan, hasil analisa sampel, aplikasi program komputer Menyiapkan bahan dan analisa daya dukung dan daya tampung lingkungan
6. Komisi /Tim penilai, Petunjuk teknis, Komputer, proyektor,ruang rapat Penyiapan proses penyusunan dan penilaian dokumen AMDAL, UKL/UPL, SPPL
7. Rencana kegiatan, komputer, ATK Pelaksanaan SPIP
8. Komputer, aplikasi program, realisasi kegiatan Laporan kemajuan pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Kebenaran bahan perumusan kebijakan dan rencana kegiatan
2. Menganalisis Keakuratan data SDA, sumber daya buatan, parameter uji lingkungan, Kehati,
3. Memeriksa Kelengkapan dan keamanan computer dan aplikasi program computer
4. Menganalisis Ketepatan, Keakuratan dan kebenaran waktu, data dan isi laporan
5. Menganalisis Kesesuaian pelaksanaan penyusunan dokumen dan instrument PPLH dengan ketentuan dan juknis yang telah ditentukan
6. Memeriksa Kesesuaian Keharmonisan hubungan kerja di lingkup Seksi
7. Menghimpun Ketepatan dan kebenaran waktu dan isi pelaporan
 
WEWENANG
1. Mengembalikan isian format data yang tidak sesuai dengan kebutuhan kegiatan
2. Memelihara perangkat kerja baik perangkat kerja operasional maupun perangkat kerja kantor
3. Menyebarluaskan informasi yang dihasilkan kepada para pihak dan masyarakat
4. Memberi arahan kepada para pihak dan masyarakat sesuai prosedur kerja yang ditetapkan
5. Melaksanakan Koordinasi Perencanaan dan kajian dampak lingkungan
6. Memeriksa dan mengoreksi hasil kerja
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Laporan
2. Kepala Sub Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan dan Luar Ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Stres Banyaknya tuntutan pekerjaan
2. Cedera fisik Kecelakaan kerja, Tindak kekerasan/ketidaksenangan para pihak yang menjadi obyek pemantauan
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan analisis dan evaluasi, berkomunikasi, mengoperasikan Komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Menyimpan imbangan/ mengatur imbangan
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
23-58 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B3, Mengemudikan/ menjalankan mesin
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar