Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Dokumen Perizinan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu
c. Pengawas
:
Kasi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan NonPerizinan I
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pe- ngelolaan yang meliputi penyiapan bahan koor- dinasi dan penyusunan laporan di bidang dokumen perizinan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal Diploma III di bi-dang Kebijakan Publik/ Manajemen/ Ekonomi/Ilmu Peme- rintahan /Ilmu Admi- nistrasi atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan.
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat perizinan, Diklat pelayanan dan fron office
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasasi peraturan pelayanan dan perizinan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menerima dan mengolah dokumen perizinan yang dilengkapi hasil laporan responden sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya 562.5 0.45
- Menerima dokumen perizinan yang akan diproses Dokumen 450 0.25 112.5 0.09
- Memeriksa dan mengolah dokumen perizinan yang dilengkapi hasil laporan responden sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya Dokumen 450 1 450 0.36
2. Menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 96 0.08
- Menerima arahan dan perintah pelaksanaan program kerja dari atasan sesuai dengan tupoksi Frekuensi 24 1 24 0.02
- Mempelajari konsep program kerja pengelolaan dokumen perizinan dari atasan Dokumen 24 2 48 0.04
- Mengetik konsep prpgram kerja pengelolaanokumen perizinan dari atasan Dokumen 24 1 24 0.02
3. Memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal 96 0.08
- Menyusun jadwal pemantauan pengelolaan dokumen perizinan Jadwal kegiatan 12 2 24 0.02
- Memantau kegiatan pengelolaan dokumen perizinan sesuai dengan jadwal Kegiatan 24 2 48 0.04
- Mencatat hasil pemantauan pengelolaan dokumen perizinan Laporan 12 2 24 0.02
4. Mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya 432 0.35
- Memahami dan mempelajari SPIP, SOP dan SPP sebagai acuan tugas Dokumen 144 1 144 0.12
- Menerapkan SPIP, SOP dan SPP selama aktifitas pengelolaan dokumen perizinan Dokumen 144 1 144 0.12
- Mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan dokumen perizinan yang mengacu pada SPIP,SOP dan SPP Dokumen 144 1 144 0.12
5. Mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 72 0.06
- Mengetik surat koordinasi dengan bidang lain Dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan bidang lain Kegiatan 12 4 48 0.04
- Mengetik laporan koordinasi Laporan 12 1 12 0.01
6. Mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program 79 0.06
- Menyusun rekap laporan pelaksanaan kegiatan Laporan 48 1 48 0.04
- Menyusun rekap laporan bulanan Laporan 12 2 24 0.02
- Menyusun rekap laporan tahunan Laporan 1 7 7 0.01
7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik tertulis dan lisan. 96 0.08
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Kegiatan 12 5 60 0.05
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 1 12 0.01
8. Menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 96 0.08
- Menerima arahan dan perintah pelaksanaan program kerja dari atasan sesuai dengan tupoksi Frekuensi 24 1 24 0.02
- Mempelajari konsep program kerja pengelolaan kepegawaian dari atasan Dokumen 24 2 48 0.04
- Mengetik konsep prpgram kerja pengelolaan kepegawaian Dokumen 24 1 24 0.02
9. Memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal 84 0.07
- Menyusun jadwal pemantauan pengelolaan dokumen perizinan Jadwal kegiatan 12 2 24 0.02
- Memantau kegiatan pengelolaan dokumen perizinan sesuai dengan jadwal Kegiatan 12 3 36 0.03
- Mengevaluasi hasil dari pemantauan pengelolaan dokumen perizinan Laporan 12 2 24 0.02
10. Mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya 432 0.35
- Memahami dan mempelajari SPIP, SOP dan SPP sebagai acuan tugas Dokumen 144 1 144 0.12
- Menerapkan SPIP, SOP dan SPP selama aktifitas pelyanan Dokumen 144 1 144 0.12
- Mengevaluasi pelaksanaan layanan perizinan yang mengacu pada SPIP,SOP dan SPP Dokumen 144 1 144 0.12
11. Mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 72 0.06
- Menyiapkan bahan/dokumen koordinasi dengan unit/instansi terkait Dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan unit/instansi terkait Kegiatan 12 4 48 0.04
- Mengetik laporan hasil rapta koodinasi Laporan 12 1 12 0.01
12. Mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program 79 0.06
- Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Laporan 24 2 48 0.04
- Menyusun rekap laporan bulanan layanan perizinan dan non peizinan Laporan 12 2 24 0.02
- Menyusun rekap laporan tahunan layanan perizinan dan non peizinan Laporan 1 7 7 0.01
13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik tertulis dan lisan. 72 0.06
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Kegiatan 12 3 36 0.03
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2268.5 1.84
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Tugas Pokok dan Fungsi Pelaksanaan tugas dan laporan tugas
2. Peraturan dan Perundang Undangan Pedoman Pelaksaan Tugas
3. Data perizinan laporan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer/Printer Keperluan administrasi dan pengentrian dokumen
2. SOP dan Aturan Pedoman kerja
TANGGUNG JAWAB
Mengelola Dokumen perizinan
 
WEWENANG
1. Menentukan prioritas pekerjaan
2. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
3. Mengimplemantasikan pedoman pengelolaan dokumen perizinan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan laporan pelaksanaan tugas
2. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
3. Analis Dokumen Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
4. Analis Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
5. Pengadministrasi Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Besih dan rapi
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Bisa mengoperasikan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Memegang
Berbicara
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
35
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
60
Postur Badan
:
Tegap
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D2, Menganalisis data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar