Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi Pengaduan Publik
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu
c. Pengawas
:
Kepala seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan
IKHTISAR JABATAN
Menerima, mencatat, menyimpan surat serta dokumen lainnya sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan tugas berjalan lancar
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SLTA/DI/ D-2 (Diploma-Dua)/D-3 (Diploma-Tiga) di bidang manajemen perkantoran/Adminis- trasi perkantoran/ tata per-kantoran atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
kursusu administrasi perkantoran, Diklat Pelayanan, Diklat perizinan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai peraturan tentang pelayanan perizinan dan SOP
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menerima, mencatat, dan menyortir pengaduan yang masuk, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pencarian 304 0.24
- Menerima pengaduan yang masuk sesuai dengan SOP Dokumen 152 1 152 0.12
- Mencatat pengaduan yang masuk sesuai dengan SOP Dokumen 152 0.5 76 0.06
- Menyortir pengaduan yang masuk sesuai dengan SOP baik secara langsung maupun online Laporan 152 0.5 76 0.06
2. Memberi lembar pengantar pada surat, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pengendalian 74 0.06
- Menerima formulir pengaduan dari masyarkat Laporan 148 0.25 37 0.03
- Memberikan lembaran pengantar pada formulir pengaduan Dokumen 148 0.25 37 0.03
3. Mengelompokkan surat atau dokumen menurut jenis dan sifatnya, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pendistribusian 140 0.11
- Memilah formulir atau surat pengaduan yang masuk baik online maupun offline sesuai dengan jenisnya Dokumen 140 1 140 0.11
4. Mendokumentasikan surat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tertib administrasi 420 0.34
- Melakukan pengandaan pengaduan yang masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku Dokumen 140 1 140 0.11
- Mengelompokan pengaduan yang masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku Dokumen 140 1 140 0.11
- Melakukan pendokumentasian pengaduan yang masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku Dokumen 140 1 140 0.11
5. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 324 0.26
- Menyusun rekap laporan pelaksanaan kegiatan Laporan 48 5 240 0.19
- Menyusun rekap laporan bulanan Laporan 12 3 36 0.03
- Menyusun rekap laporan tahunan Laporan 4 12 48 0.04
6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik tertulis maupun lisan 102 0.08
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 1.5 18 0.01
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 1.5 18 0.01
- Melaksanakan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Kegiatan 12 4 48 0.04
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 1.5 18 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1364 1.09
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Tugas Pokok dan Fungsi Pelaksanaan tugas dan laporan tugas
2. Peraturan dan Perundang Undangan Pedoman Pelaksaan Tugas
3. Materi arahan atasan Melaksanakan tugas dinas lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer/Printer Keperluan administrasi dan pengentrian dokumen
2. SOP dan JUKNIS Pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
Melayani pengaduan publik
 
WEWENANG
1. Menentukan prioritas pekerjaan
2. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan pelaporan pelaksanaan tugas
2. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
3. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Bisa mengoperasikan komputer
Berkominikasi dengan baik
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
35
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
60
Postur Badan
:
Tegap
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar