Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Pelayanan Publik
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu
c. Pengawas
:
Kepala seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan analisis dan penelaahan dalam rangka penyusunan rekomendasi di bidang pelayanan publik
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S-1 (Strata-Satu)/ D-4 (Diploma-Empat) bidang Komunikasi/ Akuntansi/ Manajemen /Hukum/ Administrasi Pemerintahan atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat perizinan, Diklat pelayanan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai Peraturan tentang Pelayanan Publik
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. mengumpulkan bahan-bahan kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan 120 0.10
- mengumpulkan bahan-bahan kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan dokumen 12 10 120 0.10
2. Mengumpulkan bahan-bahan kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan 20 0.02
- Mengumpulkan peraturan dan perundangan bahan kerja Dokumen 20 1 20 0.02
3. Mempelajari, menganalisa serta menelaah bahan-bahan sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas 336 0.27
- Mempelajari peraturan yang berkaitan dengan pekerjaan Dokumen 24 6 144 0.12
- Menganalisa menelaah peraturan yang berkaitan dengan pekerjaan Dokumen 24 6 144 0.12
- Mengkoordinasikan dengan atasan konsep standar pelayanan Dokumen 24 2 48 0.04
4. Mengadakan penelitian berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan 360 0.29
- Melakukan riveu terhadap pelayanan publik sesuai dengan SOP,SIP,SPP Laporan 24 7 168 0.13
- Melalukan koordinasi dengan atasan terkait penelitian permasalahan pelayanan publik sesuai dengan SOP,SIP,SPP Dokumen 24 3 72 0.06
- Perbaikan pelayanan publik sesuai dengan SOP,SIP,SPP Dokumen 24 5 120 0.10
5. Membuat laporan berdasarkan hasil kerja untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil telaahan dapat bermanfaat 152 0.12
- Menyusun rekap laporan pelaksanaan kegiatan Laporan 24 3 72 0.06
- Menyusun rekap laporan bulanan layanan perizinan dan non peizinan Laporan 12 5 60 0.05
- Menyusun rekap laporan tahunan layanan perizinan dan non peizinan Laporan 4 5 20 0.02
6. memberikan saran berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit 120 0.10
- Mengidentifikasi segala peotensi yang bisa dikembangkan untuk pelayanan publik Dokumen 24 3 72 0.06
- Memberikan saran pertimbangan pada atasan Frekuensi 48 1 48 0.04
7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan 72 0.06
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Dokumen 12 3 36 0.03
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 1 12 0.01
8. mempelajari, menganalisa serta menelaah bahan-bahan sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas 180 0.14
- mempelajari, menganalisa serta menelaah bahan-bahan sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas dokumen 12 15 180 0.14
9. mengadakan penelitian berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan 300 0.24
- mengadakan penelitian berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan dokumen 12 25 300 0.24
10. membuat laporan berdasarkan hasil kerja untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil telaahan dapat bermanfaat 300 0.24
- membuat laporan berdasarkan hasil kerja untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil telaahan dapat bermanfaat dokumen 12 25 300 0.24
11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan 625 0.50
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan dokumen 25 25 625 0.50
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2585 2.08
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Tugas Pokok dan Fungsi Pelaksanaan tugas dan laporan tugas
2. Peraturan dan Perundang Undangan Pedoman Pelaksaan Tugas
3. Materi arahan atasan Pelaksanaan tugas kedinasan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer/Printer Keperluan administrasi dan pengentrian bahana
TANGGUNG JAWAB
Menganalisis Pelayanan publik
 
WEWENANG
1. Menentukan prioritas pekerjaan
2. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pelayanan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
2. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
3. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
4. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
5. Kepala Seksi Pelayanan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
6. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
7. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
8. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
9. Kepala Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan Pelaporan Pelaksanaan Tugas
10. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
11. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
12. Pengelola Dokumen Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
13. Pengadministrasi Pengaduan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
14. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota meminta arahan
15. Kepala Sub Bagian Tata Laksana Sekretariat Daerah Kota meminta arahan
16. Analis Tata Laksana Sekretariat Daerah Kota koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Besih dan rapi
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
35
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
60
Postur Badan
:
Tegap
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D2, Menganalisis data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar