Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Dokumen Perizinan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu
c. Pengawas
:
Kasi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan NonPerizinan I danKasi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan NonPerizinan II
IKHTISAR JABATAN
Menelaah dan menganalisa obyek kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku agar semua pekerjaan dapar diselesaikan secara berdayaguna dan berhasil guna
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S-1 (Strata-Satu)/ D-4 (Diploma-Empat) bidang Hukum/ Administrasi/Pemerin- tahan atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat perizinan, diklat Pelayanan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai peraturan tentang Perizinan, pelayanan dan SOP
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan bahan-bahan kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan 217 0.17
- Mengumpulkan peraturan dan dasar hukum standar pelayanan Dokumen 6 5 30 0.02
- Mengumpulkan peraturan dan dasar hukum SOP Dokumen 2 90 180 0.14
- Mengumpulkan bahan survei kepuasan masyarakat Dokumen 1 7 7 0.01
2. Mempelajari, menganalisa serta menelaah bahan-bahan sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas 648 0.52
- Mempelajari bahan, peaturan dan perunda-undangn yang berkaitan perkerjaan Dokumen 24 3 72 0.06
- Menganalisa serta menelaah setiap dokumen yang berkaitan dengan perizinan agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku Dokumen 480 1 480 0.38
- Melakukan koordinasi dengan atasan terkait dokumen perizinan yang perlau ditindak lanjuti. Dokumen 48 2 96 0.08
3. Mengadakan penelitian berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan 1008 0.81
- Menganalisi setiap dokume perizinan sebelum dan sesudah di proses Dokumen 480 1 480 0.38
- Mengidentifikasi dokumen perizinan yang perlu ditindak lanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku Dokumen 480 1 480 0.38
- Melakukan koordinasi dengan atasan tentang dokumen perizinan. Dokumen 48 1 48 0.04
4. Membuat laporan berdasarkan hasil kerja untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil telaahan dapat bermanfaat 89 0.07
- Menyusun rekap laporan pelaksanaan kegiatan Laporan 48 1 48 0.04
- Menyusun rekap laporan bulanan Laporan 12 3 36 0.03
- Menyusun rekap laporan tahunan Laporan 1 5 5 0.00
5. Memberikan saran berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan 168 0.13
- Mengidentifikasi kegiatan yang berkaitan dengan perizinan Dokumen 12 2 24 0.02
- Menganalisa permasalahan bersama untuk menentukan solusi terbaik Frekuensi 48 2 96 0.08
- Memberikan saran dan pertimbangan pada atasan Frekuensi 48 1 48 0.04
6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan 72 0.06
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Dokumen 12 3 36 0.03
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2202 1.76
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Tugas Pokok dan Fungsi Pelaksanaan tugas dan laporan tugas
2. Peraturan dan Perundang Undangan Pedoman Pelaksaan Tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer/Printer Membuat konsep dan mencetak
2. JUKNIS dan Peraturan Pedoman kerja
3. SOP dan JUKNIS Pedoman kerja
TANGGUNG JAWAB
Menganalisis Dokumen perizinan
 
WEWENANG
1. Menentukan prioritas pekerjaan
2. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
3. Menganalisis dokumen perizinan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan pelaporan pelaksanaan tugas
2. Kepala Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan pelaporan pelaksanaan tugas
3. Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
4. Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Besih dan rapi
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
35
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
55
Postur Badan
:
Tegap
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar