Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Data
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pengelolaan dan penyusunan laporan dibidang penglola database.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal D-3 di Bidang Teknik Infomatika/ Manajemen Teknik Infomatika
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat Administrator Data Base (ADB)
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman yang relevan dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Peraturan dan Perundang-undangan tentang Pengelola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. membantu Kasi melaksanakan Pembinaan teknis dan Pengawasan Operasional SIAK dan KTP el 4 0.00
- Mengetik Bahan dan Petunjuk Teknis Operasional SIAK dokumen 2 2 4 0.00
2. Mengoperasionalkan Database SIAK 310 0.25
- Melakukan instalasi dan konfigurasi database SIAK aplikasi 2 5 10 0.01
- Melakukan penanganan gangguan (troubleshooting) database SIAK dokumen 12 5 60 0.05
- Melakukan upaya peningkatan unjuk kerja (performance) database SIAK kegiatan 30 1 30 0.02
- Melakukan pencadangan (backup) database SIAK file 200 1 200 0.16
- Melakukan pemulihan (recovery) database SIAK aplikasi 2 5 10 0.01
3. Mengoperasionalkan Database KTP el 310 0.25
- Melakukan instalasi dan konfigurasi database KTP el aplikasi 2 5 10 0.01
- Melakukan penanganan gangguan (troubleshooting) database KTP el dokumen 12 5 60 0.05
- Melakukan upaya peningkatan unjuk kerja (performance) database KTP el kegiatan 30 1 30 0.02
- Melakukan pencadangan (backup) database KTP el file 200 1 200 0.16
- Melakukan pemulihan (recovery) database KTP el aplikasi 2 5 10 0.01
4. Melakukan Verifikasi dan validasi Data Kependudukan 390 0.31
- Melakukan sinkronisasi data pelayanan dengan data hasil sinkronisasi dari pembersihan pusat file 2 10 20 0.02
- Melakukan pembersihan data pelayanan dari data ganda dan anomaly file 2 10 20 0.02
- Melakukan koordinasi dengan pusat dan/atau kabupaten/kota lain yang berkaitan dengan konsolidasi data kegiatan 100 0.5 50 0.04
- Melakukan verifikasi dan validasi data penduduk yang tidak sesuai dengan data werehouse dokumen 200 1 200 0.16
- Menyusun laporan hasil koordinasi verifikasi dan validasi data penduduk yang tidak sesuai dengan data werehouse dokumen 200 0.5 100 0.08
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1014 0.81
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Berkas kependudukan Kosolidasi
2. Permasalahan database kependudukan Dicarikan solusinya sesuai ketentuan
3. Permasalahan sistem komputer Dicarikan solusinya sesuai ketentuan
4. Data mentah kependudukan Dijaga kerahasiaannya
5. data kependudukan Back up periodik
6. Permasalahan jaringan computer Dicarikan solusinya sesuai ketentuan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Server & client computer Pemeliharaan data base kependudukan
2. Sistem Informasi Kependudukan Kelancaran pelayanan
3. Data Kependudukan Database penduduk
4. Server komputer Backup data kependudukan
5. Jaringan komputer Backup data kependudukan
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa keakuratan data kependudukan
2. Menyimpan kerahasiaan data kependudukan
3. Melaksanakan pemeliharaan server
4. Melaksanakan back up data
 
WEWENANG
1. Konsolidasi data dengan Kementrian Dalam Negeri
2. Konsolidasi data dengan kabupaten/kota lain
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan Koordinasi Kerja
2. Pengelola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
3. Pranata Teknologi Informasi Komputer Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
4. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Mengerjakan Intruksi Pimpinan
5. Kepala Sub Bagian Bina Pendidikan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sekretariat Daerah Kota Mengerjakan Intruksi Pimpinan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara -
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Jaringan dan program
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
Hubungan dengan Orang
:
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar