Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program kepangkatan dan pensiun dalam arti melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis dan pembinaan kepangkatan dan pensiun pegawai
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal D-III
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pimpinan Tk. IV
2). Teknis
:
Diklat Manajemen PNS, Diklat Administrasi Perkantoran
c. Pengalaman Kerja
:
Mninimal 4 tahun di jabatan pelaksana yang relevan dengan tugas jabatan
d. Pengetahuan Kerja
:
SOP, Peraturan perundang-undangan tentang manajemen PNS
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun sesuai dengan program kerja Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas 42 0.03
- Menelaah program kerja bidang dokumen 1 6 6 0.00
- Menyusun draf rencana kerja kegiatan sub bidang dokumen 1 12 12 0.01
- Mengkonsultasikan draf rencana kerja kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan dokumen 1 12 12 0.01
- Menfinalisasi dan menetapkan rencana kerja sub bidang dokumen 1 12 12 0.01
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran tugas Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun 72 0.06
- Menjabarkan rencana kerja kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan jadwal/dokumen 12 2 24 0.02
- Memaparkan rencana kerja dokumen 12 1 12 0.01
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Menentukan target waktu penyelesaian dokumen 12 1 12 0.01
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 60 0.05
- Menjelaskan tugas yang akan dilkasanakan bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Mengindetifikasi kesulitan yang dialami bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Menganalisa permasalahan yang dihadapi bawahan dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan bimbingan terkait permasalahan dokumen 12 1 12 0.01
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 72 0.06
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan bawahan dokumen 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Membuat catatan pada hasil kerja bawahan dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan terkait catatan hasil kerja bawahan dokumen 12 1 12 0.01
5. Memproses usulan administrasi pensiun pegawai berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka tertib administrasi pegawai 192 0.15
- Memahami regulasi tentang pensiun dokumen/kali 12 1 12 0.01
- Memeriksa rekap data pensiun 1 tahun dokumen 2 6 12 0.01
- Memeriksa dan melayani konsultasi berkas pensiun dokumen 80 1.5 120 0.10
- Memeriksa surat pengantar pensiun dan telahaan staf dokumen 12 1 12 0.01
- Memeriksa SK pensiun dokumen 80 0.15 12 0.01
- Konsultasi dengan BKN dan BKD Propinsi kali 12 2 24 0.02
6. Menyusun rencana dan melaksanakan ujian kedinasan pegawai berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka tertib administrasi pegawai 133 0.11
- Memahami regulasi tentang ujian kedinasan berkas 1 6 6 0.00
- Memeriksa rekap data awal peserta dan surat-surat ujian kedinasan dokumen 1 10 10 0.01
- Memeriksa/melayani konsul berkas ujian kedinasan berkas 50 1 50 0.04
- Melaksanakan ujian kedinasan dokumen 1 12 12 0.01
- Memeriksa dan mengolah data hasil ujian kedinasan dokumen 1 12 12 0.01
- Memeriksa STLUD ujian kedinasan dokumen 50 0.1 5 0.00
- Konsultasi dengan BKN dan UPT BKN kali 1 6 6 0.00
- Menyiapkan administrasi keuangan kegiatan dokumen 1 6 6 0.00
- Membuat laporan kegiatan ujian kedinasan dokumen 1 6 6 0.00
- Menyiapkan surat-surat dan dokumen persiapan ujian kedinasan dokumen 1 20 20 0.02
7. Menyusun rencana dan melaksanakan ujian kompetensi bagi pegawai pindah masuk berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka tertib administrasi pegawai 118 0.09
- Memahami regulasi tentang mutasi/pindah berkas 1 12 12 0.01
- Memeriksa rekap data ujian pindah masuk sesuai kebutuhan bedasarkan peta jabatan dokumen 1 12 12 0.01
- Memeriksa dan melayani konsultasi PNS tentang berkas ujian pindah masuk dokumen 50 1 50 0.04
- Memeriksa surat surat dan menyiapkan dokumen ujian pindah masuk dokumen 1 20 20 0.02
- Melaksanakan ujian pindah masuk dokumen 1 6 6 0.00
- Konsultasi dan koordinasi terkait ujian pindah masuk dokumen 1 12 12 0.01
- Membuat laporan hasil kegiatan dokumen 1 6 6 0.00
8. Memproses administrasi mutasi bagi pegawai pindah masuk dan pindah keluar berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka tertib administrasi pegawai 239 0.19
- Memahami regulasi tentang mutasi/pindah dokumen 1 12 12 0.01
- Memeriksa rekap data awal pindah masuk dan keluar dokumen 1 20 20 0.02
- Memeriksa dan melayani konsultasi PNS tentang berkas pindah masuk dan keluar dokumen 70 1.5 105 0.08
- Memeriksa surat-surat berkas pindah masuk dan pindah keluar sesuai kebutuhan berdasarkan peta jabatan dokumen 70 1 70 0.06
- Konsultasi dengan BKN dan BKD Provinsi dokumen 1 12 12 0.01
- Memeriksa rekap data akhir tahun PNS pindah masuk dan keluar dan laporan dokumen 1 20 20 0.02
9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang 96 0.08
- Mengumpulkan data untuk dievaluasi dokumen 12 3 36 0.03
- Mengindentifikasi hambatan dalam pelaksanaan tugas dokumen 12 3 36 0.03
- Membahas hambatan dalam pelaksanaan tugas dokumen 12 2 24 0.02
10. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 108 0.09
- Mempelajari dan mempedomani SPIP, SOP, SPP dokumen 12 3 36 0.03
- Menelaah hasil kerja sesuai SPIP, SOP, SPP dokumen 12 3 36 0.03
- Memberikan arahan tugas kepada bawahan dengan mempedomani SPIP, SOP, SPP dokumen 12 3 36 0.03
11. Melaporkan hasil kegiatan Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 48 0.04
- Menganalisis data yang diberikan bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Menyusun konsep laporan keatasan dokumen 12 1 12 0.01
- Mengkonsultasi konsep laporan ketasan dokuem 12 1 12 0.01
- Finalisasi laporan dokumen 12 1 12 0.01
12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan 84 0.07
- Menerima arahan dari atasan dokumen 12 1 12 0.01
- Mempelajari arahan dan dokumen yang diterima dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan arahan tersebut dokumen 12 4 48 0.04
- Mengevaluasi arahan yang telah dilaksanakan dokumen 12 1 12 0.01
13. Memproses usulan administrasi dan pengurusan kenaikan pangkat bagi pegawai yang memenuhi syarat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di bidang kepegawaian 577 0.46
- Memahami regulasi tentang kenaikan pangkat dan jabatan fungsional berkas 1 20 20 0.02
- Memeriksa rekap data PNS yang akan naik pangkat 2 periode dokumen 2 10 20 0.02
- Memeriksa surat edaran Kenaikan Pangkat ke OPD 2 periode surat 2 3 6 0.00
- Memeriksa dan melayani konsultasi berkas kenaikan pangkat fungsional 2 periode berkas 200 1.25 250 0.20
- Memeriksa dan melayani konsultasi berkas kenaikan pangkat struktural/staf 2 periode berkas 180 0.75 135 0.11
- Memeriksa nota usul dan pengantar kenaikan pangkat 2 periode berkas 380 0.1 38 0.03
- Memeriksa SK Induk keniakan pangkat 2 periode dokumen 8 4 32 0.03
- Memeriksa petikan SK kenaikan pangkat 2 periode dokumen 380 0.1 38 0.03
- Konsultasi dan koordinasi dengan BKN dan BKD Propinsi 2 periode kali 2 10 20 0.02
- Menyiapkan administrasi keuangan kegiatan dokumen 1 8 8 0.01
- Memeriksa rekap data kenaikan pangkat 2 perode dokumen 1 10 10 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1841 1.48
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP, peraturan, standar harga/biaya, Peta jabatan Pedoman merencanakan kegiatan
2. Berkas kenaikan pangkat, berkas mutasi PNS antar instansi, berkas pensiun, berkas ujian kedinasan Verifikasi
3. Berkas kenaikan pangkat, berkas mutasi PNS antar instansi, berkas pensiun, berkas ujian kedinasan Verifikasi
4. Berkas kenaikan pangkat, berkas mutasi PNS antar instansi, berkas pensiun, berkas ujian kedinasan Verifikasi
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. ATK, perangkat komputer, internet Mengonsep, mencetak dokumen
2. Lembaran disposisi, lembaran verifikasi Arahan dan pemeriksaan tugas
3. Lembaran disposisi, lembaran verifikasi Arahan dan pemeriksaan tugas
4. Lembaran disposisi, lembaran verifikasi Arahan dan pemeriksaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Rencana kegiatan
2. Memeriksa Berkas kenaikan pangkat, berkas mutasi PNS antar instansi, berkas pensiun, berkas ujian kedinasan
3. Memeriksa Berkas kenaikan pangkat, berkas mutasi PNS antar instansi, berkas pensiun, berkas ujian kedinasan
4. Memeriksa Berkas kenaikan pangkat, berkas mutasi PNS antar instansi, berkas pensiun, berkas ujian kedinasan
 
WEWENANG
Merencanakan kegiatan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi tugas
2. Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi tugas
3. Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi tugas
4. Kepala Sub Bidang Pengadaan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi tugas
5. Kepala Sub Bidang Mutasi dan Jabatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi tuas
6. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian OPD Koordinasi tugas
7. Penyusun Rencana Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
8. Pengelola Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
9. Pengadministrasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
10. Analis Kepegawaian Pertama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
11. Analis Kepegawaian Pelaksana Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
12. Analis Kepegawaian Pelaksana Lanjut Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan tertutup, nyaman, ada AC
2. Suhu Semua kondisi
3. Udara Semua kondisi
4. Keadaan Ruangan Standar/luas
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tidak bersuara
8. Keadaan Tempat Kerja Nyaman, bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Saluran pernapasan Debu berkas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Memegang
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
Minimal 32 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
Standar
Berat Badan (kg)
:
Standar
Postur Badan
:
Seimbang
Penampilan
:
Menarik dan rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar