Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program pelayanan pendaftaran penduduk dalam arti melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam jabatan pelaksana paling singkat 4 tahun atau JF setingkat dengan jabatan pelaksana sesuai bidang tugas yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Peraturan dan Perundang-undangan tentang pelayanan pendaftaran penduduk
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. menyusun rencana, program kerja, dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk berpedoman kepada rencana strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 93 0.07
- mempelajari Rencana Strategis Dinas yang berkaitan dengan Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari tugas pokok dan fungsi Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dan subag perencanaan dokumen 6 2 12 0.01
- menyusun konsep dokumen perencanaan dokumen 3 3 9 0.01
2. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan Pelayanan Pendaftaran Penduduk 84 0.07
- mempelajari Rencana Strategis Dinas yang berkaitan dengan Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari tugas pokok dan fungsi Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dan subag perencanaan dokumen 6 2 12 0.01
3. Membina dan melakukan pengawasan mobilitas penduduk 32 0.03
- menyiapkan format pembinaan dan pengawasan kegiatan 4 1 4 0.00
- melakukan rapat persiapan kegiatan 4 3 12 0.01
- memonitor kegiatan 4 4 16 0.01
4. Menditribusikan blangko-blangko dokumen pendaftaran penduduk ke kecamatan dan kelurahan 14 0.01
- memerintahkan dan memberi arahan kepada bawahan tentang tata cara pendistribusian blanko-blanko pendistribusian 1 3 3 0.00
- mengawasi pendistribusian blanko ke kelurahan dan kecamatan pendistribusian 1 4 4 0.00
- menerima laporan hasil pendistribusian dari bawahan pendistribusian 1 7 7 0.01
5. Melaksanakan pelayanan dan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk 1325.2 1.06
- mengeluarkan Surat Keterangan pengganti KTP-el bagi masyarakat yang belum bisa cetak Surat 2200 0.25 550 0.44
- memverifikasi dan memaraf draft KK draf KK 2760 0.17 469.2 0.38
- memverifikasi Surat Keterangan Pindah dan Surat Keterangan Pindah Datang penduduk surat 1800 0.17 306 0.24
6. Membuat laporan pelayanan pendaftaran penduduk 84 0.07
- membuat laporan pelayanan pendaftaran penduduk laporan 12 7 84 0.07
7. merencanakan, melaksanakan dan membuat laporan serta mengevaluasi acara sosialisasi di bagian pendaftaran penduduk 112 0.09
- merencanakan pelaksanaan sosialisasi data dan informasi kependudukan sosialisasi 2 21 42 0.03
- melaksanakan sosialisasi data dan informasi kependudukan sosialisasi 2 14 28 0.02
- membuat laporan sosialisasi data dan informasi kependudukan sosialisasi 2 14 28 0.02
- mengevaluasi pelaksanaan sosialisasi data dan informasi kependudukan sosialisasi 2 7 14 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1744.2 1.4
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan Pedoman kerja
2. Hasil Inventarisasi masalah Pembagian tugas kepada bawahan
3. Jadwal dan Rencana Kegiatan Penyusunan rencana kerja seksi Identitas Kependudukan
4. SOP Pelayanan pendaftaran identitas kependudukan
5. Permasalahan terkait kebijakan pendaftaran penduduk Kelancaran tugas
6. Data dan permasalahan NIK Keakuratan data
7. Laporan penduduk Tertib administrasi penduduk
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Kegiatan Membagi tugas kepada bawahan
2. Renstra Dinas Kelancaran tugas
3. Rencana Kegiatan Lancarnya Program Identitas Kependudukan
4. Laporan permasalahan Monitoring dan pengawasan
5. Komputer,ATK Penyeragaman sistem penomoran NIK
6. Hasil data inventarisir penduduk Kelancaran tugas
7. Registrasi masyarakat Kelancaran tugas pelayanan
8. Laporan kegiatan Melaporkan hasil pelaksanaan tugas di lingkungan seksi informasi
TANGGUNG JAWAB
1. Menyimpan kerahasiaan identitas penduduk
2. Memeriksa kebenaran pendaftaran penduduk
3. Memeriksa kebenaran laporan pelaksanaan kegiatan
 
WEWENANG
1. Menyusun dan menyiapkan konsep rencana di lingkungan Seksi Identitas penduduk
2. Memberi tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas para bawahan.
3. Memberi paraf sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap persetujuan konsep dokumen/surat yang diajukan pada bawahan untuk ditanda tangani atasan
4. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan.
5. Berkoordinasi dengan unit kerja untuk kelancaran kerja.
6. Mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan.
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
2. Kepala Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
3. Kepala Seksi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
4. Pengadministrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi tugas
5. Analis Kependudukan dan Pencacatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara -
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
-
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar