Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan, koordinasi dan pelaksanaan kerja sama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman kerja dalam jabatan pelaksana paling singkat 4 tahun atau JF setingkat dengan jabatan pelaksana sesuai bidang tugas yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Peraturan dan Perundang-undangan tentang Kerjasama dan Inovasi Pelayanan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun rencana, program kerja, dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan berpedoman kepada rencana strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 102 0.08
- mempelajari Rencana Strategis Dinas yang berkaitan dengan Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari tugas pokok dan fungsi Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dan subag perencanaan dokumen 6 2 12 0.01
- menyusun konsep dokumen perencanaan dokumen 6 3 18 0.01
2. Menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan kerja sama dan inovasi 96 0.08
- mengumpulkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan kerjasama dan inovasi dokumen 12 2 24 0.02
- menelaah dan menganalisa peraturan perundang-undangan sebagai dasar pelaksanaan tugas dokumen 12 6 72 0.06
3. membuat jadwal pelaksanaan koordinasi dengan stakeholders dan instansi terkait menyangkut urusan administrasi Kependudukan 124 0.10
- merekap stakeholders dan instansi yang telah melakukan kerjasama pemanfaatan data jadwal 1 4.5 4.5 0.00
- menyusun konsep jadwal koordinasi jadwal 1 4.5 4.5 0.00
- melakukan koordinasi dengan stakeholders dan instansi OPD 23 5 115 0.09
4. Menyiapkan bahan dan pelaksanaan pelayanan informasi kependudukan melalui media elektronik dan cetak 528 0.42
- menganalisa kebutuhan pelayanan informasi kependudukan publikasi 96 1 96 0.08
- melakukan koordinasi dengan pihak terkait publikasi 96 1.5 144 0.12
- menyusun konsep informasi kependudukan publikasi 96 2 192 0.15
- menyampaikan informasi ke media publikasi publikasi 96 1 96 0.08
5. Melaksanakan kerjasama antar lembaga dalam rangka peningkatan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan 52 0.04
- mengumpulkan bahan kerjasama 4 1 4 0.00
- menganalisa kebutuhan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan kerjasama 4 3 12 0.01
- menyusun konsep Perjanjian Kerjasama pemanfaatan data / dokumen kependudukan kerjasama 4 3 12 0.01
- mengkoordinasikan detail teknis kerjasama pemanfaatan data ke OPD/lembaga pengguna kerjasama 4 3 12 0.01
- mengacarakan penandatangan kerjasama kerjasama 4 3 12 0.01
6. menyiapkan bahan perencanaan, perumusan dan pengkoordinasian dalam hal inovasi-inovasi untuk peningkatan pelayanan administrasi kependudukan 81 0.06
- berkoordinasi dengan pihak terkait usulan inovasi 3 12 36 0.03
- merumuskan inovasi usulan inovasi 3 12 36 0.03
- memberi arahan kepada bawahan memberi arahan kepada bawahan 3 3 9 0.01
7. menyiapkan bahan perencanaan, perumusan dan pengkoordinasian dalam hal inovasi-inovasi untuk peningkatan pelayanan administrasi kependudukan 81 0.06
- berkoordinasi dengan pihak terkait usulan inovasi 3 12 36 0.03
- merumuskan inovasi usulan inovasi 3 12 36 0.03
- memberi arahan kepada bawahan memberi arahan kepada bawahan 3 3 9 0.01
8. Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas 4 0.00
- mengumpulkan bahan laporan laporan 2 1 2 0.00
- menyusun laporan laporan 2 1 2 0.00
9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya 18 0.01
- menghadiri rapat rapat 3 3 9 0.01
- menindaklanjuti hasil rapat rapat 3 3 9 0.01
10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya 18 0.01
- menghadiri rapat rapat 3 3 9 0.01
- menindaklanjuti hasil rapat rapat 3 3 9 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1104 0.86
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan Penyusunan rencana kegiatan
2. Informasi kependudukan Publikasi
3. SOP Pedoman pelaksanaan prosedur pekerjaan
4. Rencana dan realisasi kegiatan Pelaporan hasil pelaksanaan tugas
5. Rencana kegiatan tahun lalu Penyusunan Rencana Kegiatan
6. Jadwal dan Rencana Kegiatan Penyusunan rencana kerja seksi Informasi
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Undang-undang kependudukan Pedoman kerja
2. Renstra Dinas Pedoman kerja
3. Komputer Pengetikan dan pengolahan informasi
4. Media publikasi Penyebarluasan Informasi
5. Laporan kegiatan Melaporkan hasil pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Menyusun rencana kegiatan yang berhubungan dengan Kerjasama dan Inovasi Pelayanan
2. Melaksanakan koordinasi dengan stakeholders dan instansi terkait menyangkut urusan administrasi Kependudukan yang sesuai jadwal
3. Menyampaikan Informasi kependudukan melalui media elektronik dan cetak
4. Melaksanakan kerjasama pemanfaatan data
 
WEWENANG
1. Menyusun dan menyiapkan konsep rencana di lingkungan Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan
2. Memberi tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas para bawahan.
3. Memberi paraf sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap persetujuan konsep dokumen/surat yang diajukan pada bawahan untuk ditanda tangani atasan.
4. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan.
5. Berkoordinasi dengan unit kerja untuk kelancaran kerja.
6. Mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan.
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan Koordinasi kerja
2. Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
3. Kepala Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
4. Kepala Seksi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
5. Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
6. Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
7. Penyusun Program Kreatifitas dan Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi Tugas
8. Analis Perencanaan dan Kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi Tugas
9. Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi Tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara -
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
-
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
S, Bakat Pandang Ruang
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
 
d. Minat Kerja
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar