Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Penyuluh Bencana
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Pencegahan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan persiapan penyuluhan pelaksanaan penyuluhan, evaluasi dan pelaporan di bidang bencana agar terlaksananya urusan-urusan penyuluhan kebencanaan dengan baik dan benar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana (S1)/ Diploma IV di bidang Ilmu Sosial/ Sosiologi atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Prajabatan / Diklat Pengantar Tugas
2). Teknis
:
(Diklat) Teknis Pencegahan dan Mitigasi Bencana, Diklat/Bimtek Pedoman Penanganan Penanggulangan Bencana Alam
c. Pengalaman Kerja
:
Pejabat pelaksana di lingkup Kebencanaan
d. Pengetahuan Kerja
:
Kebencanaan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melakukan kegiatan persiapan penyuluhan pelaksanaan penyuluhan, evaluasi dan pelaporan di bidang bencana agar terlaksananya urusan-urusan penyuluhan kebencanaan dengan baik dan benar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan 2210 1.77
- Mempelajari dan memahami berbagai referensi dan kebijakan yang berkaitan dengan penyusunan program penyuluhan bencana di Kota Padang Panjang Kegiatan 1 140 140 0.11
- Menyediakan informasi dan peta kawasan rawan bencana untuk tiap jenis bencana di Kota Padang Panjang Data 1 140 140 0.11
- Menyusun Rencana Kerja Tahunan pelaksanaan penyuluhan bencana berbasis masyarakat di Kota Padang Panjang Kegiatan 1 35 35 0.03
- Menyusun detail perincian pelaksanaan kegiatan penyuluhan bencana meliputi jadwal pelaksanaan, personil yang terlibat, breakdown anggaran, sasaran kegiatan dll Dokumen 1 70 70 0.06
- Melaksanakan Penyuluhan dan Sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana, karena bermukim di daerah rawan bencana Kegiatan 12 35 420 0.34
- Menyusun kebutuhan masyarakat, hal-hal perlu dilakukan dan dihindari, serta mengetahui cara penyelamatan diri jika bencana timbul di Kota Padang Panjang Kegiatan 12 35 420 0.34
- Membantu Pelaksanaan tugas kepala sub bidang pencegahan dalam kegiatan Penataan kawasan rawan bencana untuk mengurangi ancaman bencana di Kota Padang Panjang Kegiatan 1 425 425 0.34
- Penyiapan bahan untuk pelaksanaan kegiatan penyuluhan bencana berbasis masyarakat di Kota Padang Panjang Kegiatan 4 35 140 0.11
- Pelaksanaan kegiatan penyuluhan bencana berbasis masyarakat di Kota Padang Panjang Kegiatan 12 7 84 0.07
- Penyiapan bahan untuk evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan penyuluhan bencana berbasis masyarakat di Kota Padang Panjang Kegiatan 12 7 84 0.07
- Membuat laporan pelaksanaan tugas Kegiatan 12 7 84 0.07
- Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya Laporan 12 14 168 0.13
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2210 1.77
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   32 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Lembaran Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
2. Materi peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas-tugas sebagai penyuluh kebencanaan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Legalitas pelaksanaan tugas
3. Surat Masuk Dasar pelaksanaan tugas
4. Data-data terkait Dasar pelaksanaan tugas
5. Alat Tulis Kantor pendukung pelaksanaan tugas
6. Standar Operasional prosedur Dasar pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Eksternal Harddisk Sarana Penyimpanan Data
2. Perangkat Keras (Komputer, Printer) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
3. Perangkat Lunak (Software) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
4. Jaringan/koneksi internet Sarana komunikasi dengan instansi bidang perhubungan pada level yang sama maupun level yang lebih tinggi (antar kabupaten kota, provinsi maupun tingkat pusat)
5. Alat Komunikasi berupa telpon, HP, faximile Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan stakeholder dalam pelaksanaan tugas
6. Kendaraan Dinas Sarana transportasi dalam pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Kelancaran pelaksanaan penyuluhan bencana di Kota padang panjang sesuai dengan target kinerja
2. Melaksanakan Kebenaran dan ketelitian penyusunan rencana program dan kegiatan beserta jadwal pelaksanaan dan kebutuhan anggaran pelaksanaan kegiatan penyuluhan bencana berbasis masyarakat di Kota Padang Panjang
 
WEWENANG
1. Menerima pembagian tugas dari kepala sub bidang pencegahan
2. Melaporkan hambatan/kendala yang dihadapi kepada kepala sub bidang pencegahan sehubungan dengan pelaksanaan tugas
3. Melaporkan pencapaian target kinerja dari program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sekaitan dengan pelaksanaan tugas sebagai penyuluh bencana di Kota Padang Panjang
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
2. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk dan membungkuk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mampu mengoperasikan komputer, melaksanakan kegiatan-kegiatan/pekerjaan khususnya yang berhubungan dengan tugas-tugas pelaksanaan penyuluhan, evaluasi dan pelaporan di bidang bencana
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
max 58
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar