Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Penyusun Laporan Keuangan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
IKHTISAR JABATAN
Menerima, mengumpulkan dan mengklasifikasikan laporan keuangan serta mengkaji dan menyusun laporan keuangan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk tercapainya sasaran sesuai yang diharapkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1/D-4 di Bidang Ekonomi Pembangunan/Manajemen/Akuntansi/ bidang lain yang relevan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Diklat Penatausahaan Keuangan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami teknis perencanaan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. menerima dan memeriksa bahan dan data laporan keuangan sesuai prosedur sebagai bahan kajian dalam rangka penyusunan laporan keuangan 144 0.12
- menelaah bahan dan data laporan keuangan narasi 12 2 24 0.02
- mengidentifikasi permasalahan laporan keuangan matriks data 12 5 60 0.05
- merumuskan permasalahan laporan keuangan data 12 5 60 0.05
2. mengumpulkan dan mengklasifikasikan bahan dan data laporan keuangan sesuai spesifikasi dan prosedur untuk memudahkan apabila diperlukan 132 0.11
- mengumpulkan data laporan keuangan data 36 2 72 0.06
- mengklasifikasikan data laporan keuangan matriks data 12 5 60 0.05
3. mempelajari dan mengkaji karakteristik, spesifikasi dan hal-hal yang terkait dengan laporan keuangan sesuai prosedur dalam rangka penyusunan laporan keuangan 201 0.16
- inventarisasi dan identifikasi data laporan keuangan bahan 12 5 60 0.05
- mengolah data dan informasi laporan keuangan bahan 12 5 60 0.05
- mengefektifkan pelaksanaan pengumpulan data laporan keuangan data 36 0.25 9 0.01
- menganalisis data dan informasi laporan keuangan analisa 12 2 24 0.02
- menyajikan data dan informasi laporan keuangan narasi/tabel/diagram/grafik 36 1 36 0.03
- melakukan persiapan pengendalian pelaksanaan laporan keuangan kartu kendali 12 1 12 0.01
4. menyusun konsep penyusunan laporan keuangan sesuai dengan hasil kajian dan prosedur untuk tercapainya sasaran yang diharapkan 228 0.18
- Menetapkan tujuan laporan keuangan narasi 12 2 24 0.02
- Merumuskan keadaan laporan keuangan saat ini narasi 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan laporan keuangan narasi/tabel 12 5 60 0.05
- Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan laporan keuangan konsep 12 10 120 0.10
5. mendiskusikan konsep penyusunan laporan keuangan dengan kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan laporan keuangan 24 0.02
- mendiskusikan konsep penyusunan laporan keuangan dengan kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan laporan keuangan perbaikan konsep 12 2 24 0.02
6. menyusun kembali laporan keuangan berdasarkan hasil diskusi sesuai prosedur untuk kelancaran dan optimalisasi penyusunan laporan keuangan 252 0.20
- Menelaah hasil diskusi laporan keuangan konsep 12 2 24 0.02
- Merevisi tujuan laporan keuangan konsep 12 2 24 0.02
- Merumuskan keadaan laporan keuangan saat ini narasi 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan laporan keuangan narasi/tabel 12 5 60 0.05
- Merevisi rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan laporan keuangan draft 12 10 120 0.10
7. mengevaluasi proses penyusunan laporan keuangan sesuai prosedur sebagai bahan perbaikan dan kesempurnaan tercapainya sasaran 36 0.03
- membandingkan proses penyusunan laporan keuangan dengan SOP penyusunan laporan keuangan narasi/tabel 12 1 12 0.01
- mengidentifikasi permasalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan narasi/tabel 12 1 12 0.01
- menganalisa permasalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan narasi/tabel 12 1 12 0.01
8. melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 165 0.13
- mengumpulkan bahan laporan bahan laporan 420 0.25 105 0.08
- menyusun bahan laporan konsep laporan 15 2 30 0.02
- membuat laporan laporan 15 2 30 0.02
9. Penyusun Laporan Keuangan 6 0.00
- Menerima dan memeriksa bahan dan data obyek kerja sesuai prosedur sebagai bahan kajian dalam rangka penyusunan obyek kerja Dokumen 1 1 1 0.00
- Mengumpulkan dan mengklasifikasikan bahan dan data obyek kerja sesuai spesifikasi dan prosedur untuk memudahkan apabila diperlukan - 1 1 1 0.00
- Mempelajari dan mengkaji karakteristik, spesifikasi dan hal-hal yang terkait dengan obyek kerja sesuai prosedur dalam rangka penyusunan obyek kerja - 1 1 1 0.00
- Menyusun konsep penyusunan obyek kerja sesuai dengan hasil kajian dan prosedur untuk tercapainya sasaran yang diharapkan - 1 1 1 0.00
- Mendiskusikan konsep penyusunan obyek kerja dengan pejabat yang berwenang dan terkait sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan obyek kerja - 1 1 1 0.00
- Menyusun kembali obyek kerja berdasarkan hasil diskusi sesuai prosedur untuk kelancaran dan optimalisasi penyusunan obyek kerja - 1 1 1 0.00
10. Menerima dan memeriksa bahan dan data laporan keuangan sesuai prosedur sebagai bahan kajian dalam rangka penyusunan laporan keuangan 144 0.12
- menelaah bahan dan data laporan keuangan narasi 12 2 24 0.02
- mengidentifikasi permasalahan laporan keuangan matriks data 12 5 60 0.05
- merumuskan permasalahan laporan keuangan data 12 5 60 0.05
11. Mengumpulkan bahan dan data laporan keuangan sesuai spesifikasi dan prosedur untuk memudahkan apabila diperlukan 132 0.11
- mengumpulkan data laporan keuangan data 36 2 72 0.06
- mengklasifikasikan data laporan keuangan matrik data 12 5 60 0.05
12. Mempelajari dan mengkaji karakteristik, spesifikasi dan hal-hal yang terkait dengan laporan keuangan sesuai prosedur dalam rangka penyusunan laporan keuangan 237 0.19
- inventarisasi dan identifikasi data laporan keuangan bahan 12 5 60 0.05
- mengolah data dan informasi laporan keuangan bahan 12 5 60 0.05
- mengefektifkan pelaksanaan pengumpulan data laporan keuangan data 36 0.25 9 0.01
- menganalisis data dan informasi laporan keuangan data yang dianalisa 12 2 24 0.02
- menyajikan data dan informasi laporan keuangan narasi/tabel/diagram/grafik 36 2 72 0.06
- melakukan persiapan pengendalian pelaksanaan laporan keuangan kartu kendali 12 1 12 0.01
13. Menyusun konsep penyusunan laporan keuangan sesuai dengan hasil kajian dan prosedur untuk tercapainya sasaran yang diharapkan 228 0.18
- Menetapkan tujuan laporan keuangan narasi 12 2 24 0.02
- Merumuskan keadaan laporan keuangan saat ini narasi 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan laporan keuangan narasi/tabel 12 10 120 0.10
- Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan laporan keuangan draft rencana kegiatan 12 5 60 0.05
14. Mendiskusikan konsep penyusunan laporan keuangan dengan kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan laporan keuangan 24 0.02
- Mendiskusikan konsep penyusunan laporan keuangan dengan kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sesuai prosedur untuk kesempurnaan penyusunan laporan keuangan Perbaikan konsep 12 2 24 0.02
15. Mengevaluasi proses penyusunan laporan keuangan sesuai prosedur sebagai bahan perbaikan dan kesempurnaan tercapainya sasaran 36 0.03
- membandingkan proses penyusunan laporan keuangan dengan SOP penyusunan laporan keuangan narasi/tabel 12 1 12 0.01
- mengidentifikasi permasalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan narasi/tabel 12 1 12 0.01
- menganalisa permasalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan narasi/tabel 12 1 12 0.01
16. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 156 0.12
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Konsep laporan 12 5 60 0.05
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Konsultasi 12 3 36 0.03
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan laporan 12 5 60 0.05
17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 612 0.49
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Petunjuk kerja 24 0.5 12 0.01
- Mempelajari tugas yang diberikan Pemahaman tugas 24 10 240 0.19
- Melaksanakan tugas yang diberikan kegiatan 24 10 240 0.19
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas laporan 24 5 120 0.10
18. Membuat Jurnal Umum sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan 0 0.00
- Menjurnal Surat Perintah Permintaan Dana (SP2D), bukti-bukti pengeluaran yang sah dan Surat Setoran Pajak (SSP) dokumen 0 0.00
- Menjurnal bukti-bukti pengeluaran yang sah dokumen 0 0.00
- Menjurnal Surat Setoran Pajak (SSP) dokumen 0 0.00
- Mengurutkan transaksi sesuai urutan Buku Kas Umum dokumen 0 0.00
- Menyerahkan Jurnal Umum kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi dokumen 0 0.00
19. Memposting Jurnal Umum ke dalam Buku Besar sesuai ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan. 0 0.00
- Menerima Buku Kas Umum, Surat Perintah Permintaan Dana (SP2D) yang telah diterbitkan, surat setoran pajak dari Bendahara (Bendahara Pengeluaran) dokumen 0 0.00
- Menjurnal transaksi-transaksi di Buku Kas Umum berdasarkan rincian objek belanja ke dalam Jurnal Umum dokumen 0 0.00
- Memposting Jurnal Umum ke dalam Buku Besar perincian objek belanja dokumen 0 0.00
- Menyerahkan Buku Besar perincian objek belanja kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi dokumen 0 0.00
20. Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan neraca sesuai ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan 0 0.00
- Membuat draft laporan realisasi anggaran dan neraca dokumen 0 0.00
- Mencatat pengeluaran belanja berdasarkan jenis belanja pada kertas kerja (worksheet) ke dalam draft laporan realisasi anggaran dan neraca dokumen 0 0.00
- Menyerahkan draft laporan realisasi anggaran kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi dokumen 0 0.00
21. Menyusun Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar laporan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan 0 0.00
- Mengumpulkan data-data sehubungan dengan informasi mengenai kejadian-kejadian penting selama tahun pelaporan yang harus disampaikan dalam Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) dokumen 0 0.00
- Mencari informasi atau data kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan dokumen 0 0.00
- Membuat sistematika penulisan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) sesuai dengan ketentuan yang berlaku dokumen 0 0.00
- Mencatat laporan realisasi anggaran dan neraca ke dalam draft Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) dokumen 0 0.00
- Menyerahkan draft Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi dokumen 0 0.00
22. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan. 0 0.00
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas dokumen 0 0.00
- Mempelajari tugas yang diberikan dokumen 0 0.00
- Menjalankan tugas yang diberikan dokumen 0 0.00
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dokumen 0 0.00
23. Menyusun kembali laporan keuangan berdasarkan hasil diskusi sesuai prosedur untuk kelancaran dan optimalisasi penyusunan laporan keuangan 192 0.15
- Menelaah hasil diskusi laporan keuangan konsep 12 2 24 0.02
- Merevisi tujuan laporan keuangan konsep 12 2 24 0.02
- Merumuskan keadaan laporan keuangan saat ini narasi 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi segala kemudahan, hambatan, kekuatan dan kelemahan laporan keuangan narasi/tabel 12 5 60 0.05
- Merevisi rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan laporan keuangan draft 12 5 60 0.05
24. Mengumpulkan dokumen/data-data transaksi keuangan 900 0.72
- Mengumpulkan dokumen/data-data transaksi keuangan dokumen 600 1.5 900 0.72
25. Melakukan pencocokan data atas niali transaksi dengan dokumen pendukung 600 0.48