Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu
c. Pengawas
:
IKHTISAR JABATAN
merencanakan, memeriksa, memvalidasi berkas permohonan, melaksanakan, mengadministrasi, melaporkan dan mengkoordinasikan dengan perangkat daerah terkait proses penerbitan perizinan dan non perizinan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Bidang Ilmu Sosial, Ekonomi, Pemerinthan, Hukum, Sosial, Menajemen, atau bidang laian yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim IV
2). Teknis
:
kursusu administrasi perkantoran, Diklat Pelayanan, Diklat perizinan
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam Jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai peraturan tentang perizinana dan pelayanan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Seksi Perizinan dan Non Perizinan I sesuai dengan program kerja Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas 60 0.05
- Merancang rencana kegiatan Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I Dokumen 6 2 12 0.01
- Mengidentifikasi kriteria hasil kerja dari setiap kegiatan Dokumen 12 1 12 0.01
- Mempelajari peraturan yang diperlukan dalam penyusunan rencana kegiatan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyusun detil rancana kegiatan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menetapkan rencana kegiatan setelah mendapat persetujuan dari atasan Dokumen 12 1 12 0.01
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan 156 0.12
- Menjabarkan tugas-tugas yang harus dilaksankan bawahan Dokumen 48 1 48 0.04
- Mendelegasikan tugas pada bawahan Frekuensi 12 1 12 0.01
- Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Frekuensi 48 1 48 0.04
- Menetukan target waktu penyelesaian tugas Frekuensi 48 1 48 0.04
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberkan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 288 0.23
- Mengidentifikasi kesulitan yang dialami bawahan Dokumen 48 2 96 0.08
- Memberi arahan pada bawahan terkait permasalahan yang dihadapi Frekuensi 48 2 96 0.08
- Menganalisis permasalahan bersama untuk mencari solusi terbaik Laporan 48 2 96 0.08
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 240 0.19
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan bawahan Laporan 48 1 48 0.04
- Menentukan standar kulitas/kuantitas hasil kerja bawahan Dokumen 48 1 48 0.04
- Mengidentifikasi kesalahan hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Dokumen 48 2 96 0.08
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Laporan 48 1 48 0.04
5. Memeriksa dan memvalidasi berkas permohonan pelayanan perizinan dan non perizinan I sesuai dengan aturan yang berlaku dalam rangka tertib administrasi 520 0.42
- Melakukan pemeriksaan berkas permohonan perizinan dan non perizinan I sesuai dengan aturan yang berlaku dalam rangka tertib administrasi Dokumen 260 1 260 0.21
- Melakukan memvalidasi berkas permohonan perizinan dan non perizinan I sesuai dengan aturan yang berlaku dalam rangka tertib administrasi Dokumen 260 1 260 0.21
6. Melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan pelayanan perizinan dan non perizinan I sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam rangka peningkatan pelayanan perizinan 69 0.06
- Melayani pemohon yang mengurus izin dalam rangka konsultasi perizianan Laporan 45 1 45 0.04
- Melaksankan koordinasi dengan Instansi/OPD terkait kegiatan pelayanan perizinan dan non perizinan I Laporan 12 2 24 0.02
7. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 42 0.03
- Memahami dan mempelajari SPIP, SOP dan SPP sebagai acuan tugas Dokumen 12 0.5 6 0.00
- Melaksankan SPIP, SOP dan SPP selama aktifitas pekerjaan Dokumen 48 0.5 24 0.02
- Mengevaluasi pelaksanaan aktifitas pekerjaan apakah sudah mengacu pada SPIP, SOP dan SPP Laporan 12 1 12 0.01
8. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 18 0.01
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Laporan 1 3 3 0.00
- Menyusun rekap laporan bulanan pelaksanaan kegiatan Laporan 12 1 12 0.01
- Menyusun rekap laporan tahunan pelaksanaan kegiatan Laporan 1 3 3 0.00
9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan 33 0.03
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 6 1 6 0.00
- Menyiapkan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 6 0.5 3 0.00
- Menjalankan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Frekuensi 6 3 18 0.01
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 6 1 6 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1426 1.14
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peaturan perundang-undangan Pedoman pelaksanaan kegiatan kegiatan
2. Naskah dinas dan dokumen dinas Penyelengaraan admninstrasi
3. Tugas pokok dan fungsi Pedoman pelaksanaan kegiatan kegiatan evaluasi dan pelaporan kegiatan
4. Materi arahan atasan Melaksanakan tugas kedinasan lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. JUKNI dan SOP Pelaksanaan kegiatan
2. Rencana Kegiatan Mengkoodinasikan kegitan dan membagi tugas pada bawahan
3. JUKNIS dan Peraturan Memeriksa konsep naskah dinas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Rencana operasional kegiatan secara efektif dan efisien
2. Memeriksa Hasil kerja bawahan
3. Melayani Pengaduan Masyarakat tenatang periziznan
 
WEWENANG
1. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
2. Meminta pertanggujawaban laporan pelaksaan tugas pada bawahan
3. Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam pelaksanaan kegiatan
4. Menentukan prioritas pekerjaan
5. Melakukan pembinaan pada bawahan sesuai dengan ketentua yang berlaku
6. Membuat laporan pelaksaaan tugas
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan laporan pelaksanaan tugas
2. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
3. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
4. Analis Dokumen Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan laporan pelaksanaan tugas
5. Pengelola Dokumen Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan laporan pelaksanaan tugas
6. Pengadministrasi Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan laporan pelaksanaan tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan
2. Suhu sedang
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer dan berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
45 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar