Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu
c. Pengawas
:
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan administrasi, menyiapkan, mengumpulkan data, memberikan, memfasilitasi layanan, membuat konsep keputusan serta mengidentifikasi dan mendokumentasikan teknis penanganan pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 bidang Ilmu Sosial, Ekonomi, Pemerintahan, Hukum, Sosial, Manajemen, atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim IV
2). Teknis
:
Diklat perizinan, Diklat pelayanan dan fron office
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam Jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai peraturan tentang perizinana dan pelayanan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan sesuai dengan program kerja Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas 27 0.02
- Merancang rencana eksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan Dokumen 3 3 9 0.01
- Mengidentifikasi kriteria hasil kerja dari setiap kegiatan Dokumen 3 2 6 0.00
- Mengumpulkan dan mempelajari peraturan yang diperlukan dalam menyusun rencana kegiatan Dokumen 3 2 6 0.00
- Menyusun detil rencana kegiatan Dokumen 3 1 3 0.00
- Menetapkan rencana kegiatan setelah disetujui atasan Dokumen 3 1 3 0.00
2. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan 96 0.08
- Menjabarkan tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan Kegiatan 48 1 48 0.04
- Mendelegasikan tugas kepada bawahan Kegiatan 12 1 12 0.01
- Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Kegiatan 48 0.5 24 0.02
- Menentukan target waktu penyelsaian tugas Kegiatan 12 1 12 0.01
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 120 0.10
- Mengidentifikasi kesulitan yang dialami bawahan Dokumen 48 1 48 0.04
- Memberi arahan kepada bawahan terkait permasalahan yang dihadapi Frekuensi 48 0.5 24 0.02
- Menganalisa permasalahan bersama untuk menentukan solusi terbaik Frekuensi 48 1 48 0.04
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 168 0.13
- Menelahaah hasil kerja yang dilakukan bawahan Dokumen 48 1 48 0.04
- Menentukan standar kulitas/kuantitas hasil kerja Dokumen 48 1 48 0.04
- Mengidentifikasi kesalahan hsail kerja sesuai standar yang telah ditentukan Dokumen 48 1 48 0.04
- Membuat koreksi hasil pada kerja berupa catatan tertulis Dokumen 48 0.5 24 0.02
5. Memfasilitasi dan mengidentifikasi bentuk pengaduan, informasi dan konsultasi layanan sesuai dengan aturan yang berlaku agar terciptanya akuntabilitas kinerja 348 0.28
- Menyediankan sarana dan prasaranan pelayanan konsultasi Alat dan dokumen 12 1 12 0.01
- Memberikan layanan konsultasi pengaduan Frekuensi 144 1 144 0.12
- Mengidentifikasi bentuk pengaduan untuk diproses selanjutnya Dokumen 96 1 96 0.08
- Melakukan koordinasi dengan OPD terkait tentang pengaduan yang diproses Laporan 48 2 96 0.08
6. Memfasilitasi dan mengidentifikasi bentuk pengaduan, informasi dan konsultasi layanan sesuai dengan aturan yang berlaku agar terciptanya akuntabilitas kinerja 348 0.28
- Menyediankan sarana dan prasaranan pelayanan konsultasi Alat dan dokumen 12 1 12 0.01
- Memberikan layanan konsultasi pengaduan Frekuensi 144 1 144 0.12
- Mengidentifikasi bentuk pengaduan untuk diproses selanjutnya Dokumen 96 1 96 0.08
- Melakukan koordinasi dengan OPD terkait tentang pengaduan yang diproses Laporan 48 2 96 0.08
7. Melakukan pengawasan dan evaluasi serta menetapkan kebijakan terhadap layanan perizinan yang telah dikeluarkan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar tercapai target yang diinginkan 42 0.03
- Mengidentifikasi izin yang akan diawasi Dokumen 12 1 12 0.01
- Mencermati dan melakukan evalusi layanan perizinan Laporan 12 2 24 0.02
- Menerapkan kebijakan layanan periziana Frekuensi 2 3 6 0.00
8. Melaksanakanan dan mengendalikan pengaduan kebijakan pelayanan secara online/elektronik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan 98.88 0.08
- Mengidentifikasi bentuk pengaduan kebijakan pelayanan online yang masuk Laporan 288 0.01 2.88 0.00
- Melakukan koodinasi dengan atasan dan OPD terkait tindak lanjut pengaduan secara online Kegiatan 24 2 48 0.04
- Menindaklanjuti pengaduan dengan mencari solusi penyelesaian masalah Laporan 48 1 48 0.04
9. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 38.88 0.03
- Memahami dan mempelajari SPIP, SOP dan SPP sebagai acuan tugas Dokumen 6 2 12 0.01
- Menerapkan SPIP, SOP dan SPP selama aktifitas pelyanan Kegiatan 288 0.01 2.88 0.00
- Mengevaluasi pelaksanaan layanan perizinan yang mengacu pada SPIP,SOP dan SPP Dokumen 12 2 24 0.02
10. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 42 0.03
- Menyusun rekap laporan pelaksanaan kegiatan Laporan 1 2 2 0.00
- Menyusun rekap laporan bulanan layanan perizinan dan non peizinan Laporan 12 3 36 0.03
- Menyusun rekap laporan tahunan layanan perizinan dan non peizinan Laporan 1 4 4 0.00
11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan 72 0.06
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Kegiatan 12 3 36 0.03
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1400.76 1.12
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peaturan dan perundang-undangan Pedoman pelaksanaan kegiatan kegiatan
2. Program dan kegiatan Penetapan prioritas kerja
3. Naskah dinas dan dokumen dinas Penyelengaraan admninstrasi
4. Tugas pokok dan fungsi Pedoman pelaksanaan kegiatan kegiatan evaluasi dan pelaporan kegiatan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. JUKNI dan SOP Pelaksanaan kegiatan
2. Rencana Kegiatan Mengkoodinasikan kegitan dan membagi tugas pada bawahan
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Rencana operasional kegiatan secara efektif dan efisien
2. Melayani Pengaduan Masyarakat
3. Membuat Loporan pelaksanaan tugas
4. Memeriksa Hasil kerja bawahan
 
WEWENANG
1. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
2. Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam pelaksanaan kegiatan
3. Melakukan pembinaan pada bawahan sesuai dengan ketentua yang berlaku
4. Meminta pertanggujawaban laporan pelaksaan tugas pada bawahan
5. Menentukan prioritas pekerjaan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan laporan pelaksanaan tugas
2. Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
3. Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
4. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan
2. Suhu sedang
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer dan berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
45 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar