Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Ketenagakerjaan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan
c. Pengawas
:
kepala seksi ketenaga kerjaan
IKHTISAR JABATAN
Merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, memfasilitasi pelaksanaan dan pengendalian serta mengevaluasi urusan ketenagakerjaan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Ilmu Sosial, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi atau bidang lain yang relevan dengan tugas dan jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim IV
2). Teknis
:
Diklat Ketenagakerjaan, Diklat Pelatihan Ketenagakerjaan
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam Jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai peraturan dan undang-undang tentang ketenagakerjaan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Seksi Ketenagakerjaan sesuai dengan program kerja Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas 306 0.24
- Mempelajari peraturan dan perundang-undangn untuk pedoman teknis yang berhubungan dengan ketenaga kerjaan Dokumen 20 8 160 0.13
- Mengidentifikasi kriteria hasil kerja dari setiap kegiatan Dokumen 20 3 60 0.05
- Mengonsep RKA/DPA/RPK/ROK Dokumen 8 6 48 0.04
- Membuat Kerangka Acuan Kerja (KAK) Dokumen 8 4 32 0.03
- Menyusun bahan pendukung kebijakan Dokumen 2 3 6 0.00
2. Memberikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelencaran tugas Seksi Ketenagakerjaan 144 0.12
- Menjabarkan tugas-tugas yang harus dilakukan bawahan Frekuensi 12 2 24 0.02
- Medelegasikan tugas kepada bawahan Kegiatan 12 1 12 0.01
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Frekuensi 48 2 96 0.08
- Menetukan target waktu penyelesain tugas Kegiatan 12 1 12 0.01
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi Ketenagakerjaan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 120 0.10
- Mengidentifikasi kesulitan yang dialami bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan pada bawahan terkait permasalahan yang dihadapi Frekuensi 48 1 48 0.04
- Menganalisis permaslahan bersama untuk menentukan solusi terbaik Frekuensi 48 1 48 0.04
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Seksi Ketenagakerjaan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 478 0.38
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan bawahan Dokumen 48 2 96 0.08
- Menetapkan standar kualitas/kuantitas hasil kerja Dokumen 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi kesalahan hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Frekuensi 48 1 48 0.04
- Membuat koreksi hasil kerja bawahan berupa catatn tertusli Dokumen 310 1 310 0.25
5. Melaksanakan dan memfasilitasi pendataaan tenaga kerja sesuai dengan aturan yang berlaku untuk meningkatkan kinerja 1235 0.99
- Melakukan koordinasi dengan Instansi/OPD terkait pendataaan tenaga kerja sesuai Dokumen 12 3 36 0.03
- Membentuk TIM pendataaan tenaga kerja Kegiatan 1 8 8 0.01
- Melakukan pendataan tenga kerja Kegiatan 16 48 768 0.61
- Mengidentifikasi hasil data tenaga kerja Dokumen 16 3 48 0.04
- Menfasilitasi bahan peningkatan sarana lembaga pelatihan, sertifikasi, pemagangan, uji keterampilan dan produktifitas Kegiatan 20 4 80 0.06
- Menfasilitasi pemagangan tenaga kerja dalam dan luar negeri Kegiatan 30 4 120 0.10
- Menfasilitasi pendaftran pencari kerja dan lowongan kerja Kegiatan 350 0.5 175 0.14
6. Melakukan pembinaan tenaga kerja sesuai dengan aturan yang berlaku agar terciptanya target kinerja yang diharapkan agar dapat mendukung program kerja pemerintah daerah 21 0.02
- Menyiapkan bahan pembinaan tenaga kerja Dokumen 1 3 3 0.00
- Melakukan koordinasi dengan Instansi/OPD terkait dalam melakukan pembinaan tenaga kerja Frekuensi 3 3 9 0.01
- Menyusun administrasi kegiatan pembinaan tenaga kerja Dokumen 1 4 4 0.00
- Mengevaluasi program kegiatan pembinaan tenaga kerja Laporan 1 5 5 0.00
7. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 54 0.04
- Mempelajari SPIP,SOP,SPP sebagai acuan tugas Dokumen 3 2 6 0.00
- Melaksanakan SPIP,SOP,SPP selama aktifitas pelaksanaan tugas Frekuensi 48 0.5 24 0.02
- Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan sesuai strandar SPIP,SOP,SPP Laporan 12 2 24 0.02
8. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Ketenagakerjaan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 125 0.10
- Menyusun laporan pelaksanaan tugas Laporan 12 5 60 0.05
- Menyusun rekap laporan bulanan Seksi Ketenagakerjaan Laporan 12 5 60 0.05
- Menyusun rekap laporan tahunan Seksi Ketenagakerjaan Laporan 1 5 5 0.00
9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan 72 0.06
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menjalankan tuags kedinasan sesuai arahan dan aturan Kegiatan 12 3 36 0.03
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2555 2.05
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Program Renstra SKPD Pedoman dalam penyusunan rencana
2. Tugas pokok dan fungsi Merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, memfasilitasi pelaksanaan dan pengendalian serta mengevaluasi urusan ketenagakerjaan
3. Peaturan dan perundang-undangan Pedoman pelaksanaan kegiatan kegiatan
4. Materi arahan atasan Melaksanakan tugas kedinasan lain
5. Rencana dan realisasi kegiatan Pelaporan hasil pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. JUKNI dan SOP Pedoman Pelaksanaan kegiatan
2. Undang-undang ketenagakerjaan Pedoman kerja
3. Rencana Kegiatan Pengevaluasi pelaksanaan kegiatan dan pelaporan pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Rencana operasional kegiatan secara efektif dan efisien
2. Mengendalikan Kegiatan kegiatan internal
3. Menginventarisasi Data ketenagakerjaan
4. Memeriksa Pelaknsaan tugas bwahan
 
WEWENANG
1. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
2. Melakukan pembinaan pada bawahan sesuai dengan ketentua yang berlaku
3. Meminta pertanggujawaban laporan pelaksaan tugas pada bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan
2. Suhu sedang
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer dan berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
45 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar