Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Bendahara
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan penerimaan, pengeluaran dan pembukuan terkait transaksi keuangan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
MInimal D-3 (Diploma-Tiga) bidang Akuntansi/ manajemen atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat Pengelolaan Keuangan, Diklat Pemungutan dan Penyetoran Pajak
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Membuat kwitansi pembayaran berdasarkan permintaan pembayaran oleh masing-masing Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan 462 0.37
- Menerima kelengkapan SPJ dari masing-masing Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Dokumen 350 0.08 28 0.02
- Memeriksa kelengkapan SPJ dari masing-masing Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Dokumen 350 0.16 56 0.04
- Membuat kwitansi Dokumen 350 0.25 87.5 0.07
- Membubuhkan materai pada kwitansi Dokumen 350 0.83 290.5 0.23
2. Membuat dan Mengajukan Surat Pengajuan Pembayaran (SPP) 134 0.11
- Menyiapkan bahan untuk entri SPP Dokumen 30 0.5 15 0.01
- Entri belanja ke dalam BKU Aplikasi Dokumen 350 0.25 87.5 0.07
- Membuat laporan SPJ Fungsional Dokumen 24 1 24 0.02
- Membuat dan mengajukan SPP Dokumen 30 0.25 7.5 0.01
3. Melakukan pembayaran berdasarkan kwitansi belanja dari masing-masing Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan 147 0.12
- Menerima kwitansi dari masing-masing PPTK Dokumen 350 0.17 59.5 0.05
- MElakukan pembayaran berdasarkan kwitansi Dokumen 350 0.25 87.5 0.07
4. Melakukan Pemungutan dan Penyetoran Pajak 320 0.26
- Menyiapkan bahan untuk pemungutan dan pembayaran pajak Dokumen 200 0.2 40 0.03
- Membuat e-billing pajak Dokumen 200 0.4 80 0.06
- Melakukan penyetoran pajak Dokumen 200 1 200 0.16
5. Membuat Buku Kas Umum (BKU) berdasarkan Belanja APBD 34.08 0.03
- Menyiapkan bahan untuk membuat BKU Dokumen 24 0.17 4.08 0.00
- Membuat Buku Kas Umum (BKU) Dokumen 24 1 24 0.02
- Koordinasi dengan Atasan langsung Dokumen 12 0.5 6 0.00
6. Membuat laporan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Fungsional 64.08 0.05
- Menyiapkan bahan untuk membuat laporan SPJ Fungsional Dokumen 24 0.17 4.08 0.00
- Membuat laporan SPJ Fungsional Dokumen 24 2 48 0.04
- Melakukan koordinasi dengan atasan langsung Dokumen 24 0.5 12 0.01
7. Membuat Laporan Penutupan Kas 42 0.03
- Mencetak laporan penutupan kas dari aplikasi Dokumen 12 0.5 6 0.00
- Mengantarkan laporan ke BPKD Kegiatan 12 1 12 0.01
- Koordinasi dengan Bidang Akutansi BPKD Kegiatan 12 2 24 0.02
8. Membuat buku bantu pajak 18 0.01
- Mengumpulkan bahan untuk membuat buku bantu pajak Dokumen 12 0.5 6 0.00
- Membuat buku bantu pajak Dokumen 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1221.16 0.98
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SK Kenaikan Pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala Pegawai Pembuatan daftar dan rapel gaji
2. Kelengkapan SPJ dari PPTK Pembuatan Kwitansi
3. Kwitansi Pemungutan pajak
4. Kwitansi Pembuatan BKU
5. Kelengkapan SPJ Pembuatan SPP
6. Hasil entry BKU Laporan Penutupan Kas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer/ Laptop Membuat Kwitansi, Laporan SPJ Fungsional, SPP, BKU, Laporan penutupan kas
2. Printer Mencetak kwitansi, Laporan Laporan SPJ Fungsional, SPP, BKU, Laporan penutupan kas
3. Kalkulator Memeriksa SPJ
4. PP Nomor 12 Tahun 2019 Pedoman kerja tentang Pengelolaan keuangan daerah
5. Permendagri No. 21 Tahun 2011 Pedoman kerja tentang pengelolaan keuangan
TANGGUNG JAWAB
1. Membuat kwitansi sesuai dengan Kelengkapan SPJ
2. Mengelola keuangan Organisasi Perangkat Daerah
 
WEWENANG
1. Mengajukan permintaan pembayaran menggunakan SPP UP/GU/TU dan SPP-LS
2. Menolak perintah bayar dari Pengguna Anggara/Kuasa Penguna Anggaran uang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan
3. Melaksanakan pembayaran sesuai dengan kwitansi
4. f. Mengembalikan dokumen kelengakapan SPJ yang diberikan oleh PPTK, apabila dokumen tersebut tidak memenuhi syarat dan/atau tidak lengkap
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah Tugas
2. Verifikator Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak koordinasi kerja
3. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan laporan
4. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
5. Verifikator Keuangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
6. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi kerja
7. Verifikator Keuangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
8. Pengadministrasi Keuangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
9. Kepala Sub Bagian Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, menerima instruksi kerja
10. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan printah pelaksanaan tugas
11. Verifikator Keuangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
12. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Laporan pelakasaan tugas
13. Kepala Sub Bagian Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
14. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
15. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
16. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat penegasan, kegiatan dan laporan
17. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kecamatan Padang Panjang Barat penegasan, kegiatan dan laporan
18. Sekretaris Kelurahan Kecamatan Padang Panjang Barat koordinasi dan laporan
19. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
20. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
21. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
22. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
23. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang koordinasi, laporan dan konsultasi
24. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan konsultasi dan koordinasi tugas
25. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah Tugas/ Laporan
26. Verifikator Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
27. Pengolah Data Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
28. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
29. Inspektur Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
30. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
31. Verifikator Keuangan Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
32. Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Kepegawaian Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
33. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penyampaian lap. Pertanggung jawaban
34. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penerbitan SP2D
35. Kepala Sub Bagian Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
36. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
37. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
38. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur penegasan, kegiatan dan laporan
39. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kecamatan Padang Panjang Timur penegasan, kegiatan dan laporan
40. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
41. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
42. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
43. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah kegiatan dan laporan
44. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang koordinasi, laporan dan konsultasi
45. Kepala Bidang Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
46. Kepala Seksi Perbendaharaan Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
47. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Koordinasi
48. Verifikator Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
49. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
50. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
51. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
52. Kepala Seksi Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
53. Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
54. Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
55. Kepala Seksi Penataan dan Pelestarian Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
56. Kepala Seksi Pengolahan dan Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
57. Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
58. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
59. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
60. Verifikator Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
61. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
62. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
63. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
64. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
65. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
66. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penyampaian Laporan
67. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penerbitan SP2D
68. Sekretaris DPRD Sekretariat DPRD Meminta Arahan
69. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Meminta Arahan
70. Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
71. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
72. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
73. Pengelola Program dan Kegiatan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
74. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
75. Pengadministrasi Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
76. Verifikator Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
77. Penyusun Laporan Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
78. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah tugas
79. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi, Pelaporan
80. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan konsultasi kerja
81. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan konsultasi kerja
82. Sekretaris Dinas Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
83. Kasubag Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
84. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
85. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
86. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
87. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
88. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
89. Verifikator Data Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
90. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
91. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
92. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Memberi Perintah
93. Verifikator Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
94. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Komunikasi dan Informatika laporan , koordinasi dan arahan
95. Pengadministrasi Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
96. Verifikator Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
97. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
98. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
99. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
100. Pengelola Program dan Kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
101. Pengadministrasi Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
102. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
103. Verifikator Data Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
104. Penyusun Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
105. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
106. Kepala Sub Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota arahan tugas
107. Bendahara Sekretariat Daerah Kota koordinasi tugas
108. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
109. Pengadministrasi Keuangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
110. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
111. Analis Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara Badan Pengelola Keuangan Daerah melakukan koordinasi
112. Analis Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak -
6. Penerangan Terang
7. Suara Senyap
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mampu mengoperasikan komputer/ laptop
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 50 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D4, Menghitung data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar